dc.identifier.citation | Achmad, Munib, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES. Al-Atsqalani, Ibnu Hajar. 2006. Bulughul Maram. Tasik Malaya: MTs Persis Sukasari. Arif, Armai. 2002. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jogjakarta: Rineka Cipta. Chambel, Linda. 2006. Metode Pendidikan Berbasis Multiple Intelegensi. Bandung: Pustaka Setia. Christina, Wanda. 2008. Upaya Penerapan Pendidikan Bagi Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Tehik Industri UK Petra). Surabaya: UK Petra. Husaini, Adian. 2010. Pendidikan Islam Membangun Manusia Berkarakter dan Beradab. Bogor: INSISTS. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep pendidikan
karakter berbasis potensi diri yang ada dalam film The
Miracle Worker. Penelitian yang merupakan library research
(penelitian kepustakaan) ini menggunakan sumber data primer film
The Miracle Worker produksi Walt Disney tahun 2000. Dengan
demikian metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi
(documentation research methode), sedangkan analisis data
menggunakan content analyze (analisis isi) dari isi film, kemudian
dituangkan secara des-kriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan,
yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan
pengambilan kesimpulan sekaligus verifikasi data. Hasil penelitian
ini menunjuk-kan bahwa (1) konsep pendidikan karakter berbasis
potensi diri yang dikembangkan dalam film The Miracle Worker
menerapkan nilai kesopanan, tanggung jawab, kedisiplinan, kasih
sayang, per-sahabatan, kemandirian, kerja keras, dan kerja sama;
dan (2) metode yang digunakan meliputi metode hadiah, hukuman,
nasehat, pem-biasaan, dan mengajak. | en_US |