• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penentuan Harga Produk Kerajinan Kulit Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic dengan Empertimbangkan Proyeksi Keuntungan, Persepsi Konsumen, dan Harga Kompetitor (Studi Kasus Toko Kerajinan Kulit Roosman, Sentra Kerajinan Kulit Manding, Bantul)

    Thumbnail
    View/Open
    I03_Sartika Purba_UGM.pdf (157.7Kb)
    Date
    2013-12
    Author
    Purba, Sartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam masa persaingan industri seperti sekarang ini, harga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli suatu produk. Di dalam penetapan harga sebuah produk, terdapat berbagai macam faktor internal yang membentuk harga produk, misalnya biaya bahan baku utama, biaya bahan pendukung, biaya tenaga kerja, tingkat kesulitan membuat model produk, biaya distribusi, dan lain-lain. Selain itu, harga produk juga dipengaruhi oleh profit yang ingin diraih produsen. Namun, pada masa persaingan sekarang ini, penetapan harga kini tak lagi bersifat statis yakni hanya bergantung pada biaya-biaya dan profit yang diinginkan produsen, melainkan bersifat dinamis dimana harga semakin berorientasi pada permintaan yang dipengaruhi oleh faktor persepsi konsumen yang sangat sensitif terhadap harga dan produk sejenis dari kompetitor. Kondisi ini membuat penentuan harga menjadi sangat sulit (Soetanto, 2001).Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga produk dengan mempertimbangkan kedua faktor penting tersebut yaitu faktor internal dan eksternal.Dalam penelitian ini dilakukan kajian dengan menggunakan metode logika kabur (fuzzy logic) dalam fuzzy logic toolbox di software Matlab terhadap penentuan harga produk dengan memperhatikan faktor proyeksi keuntungan, persepsi konsumen, dan harga kompetitor sebagai membership function.Penelitian dilakukan di Industri Kerajinan Kulit milik Bapak Roosman, yang berlokasi di Desa Wisata Manding, Yogyakarta.Hasil perhitungan dari metode logika kabur (fuzzy logic) ini akan dibandingkan dengan metode mark-up pricing yang umum digunakan dalam penentuan harga. Setelah itu, hasil perhitungan dari metode logika kabur (fuzzy logic) ini kemudian akan divalidasi oleh expert judgment untuk mendapatkan range harga jualyang optimal dengan tetap menguntungkan bagi produsen, terjangkau oleh konsumen, dan mampu bersaing di pasaran. Hasil uji MAPE menunjukkan tingkat error yang sangat kecil yaitu 2% sehingga hasil perhitungan dari fuzzy logic dapat diterapkan pada kondisi nyata
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4052
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV