dc.identifier.citation | Amstead B.H. dan Djaprie S (Alih Bahasa). 1997. Teknologi Mekanik, Jilid 1, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga. Cahyono. A. 2004. “Peningkatan kualitas kekerasan poros propeller dengan perlakuan panas Quench”. Tugas penelitian Jurusan Teknik Mesin UMS. Chiu WK. 2001. Material Selection for Engineering Design. Monash University. DeGarmo E.P. 1969. Materials and Processes in Manufacturing, Third Edition, New York: The Macmillan Company. Dieter G.E. dan Djaprie S (Alih Bahasa). 1993. Metalurgi Mekanik, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Surdia, T. & Chijiwa. 1996. Teknik Pengecoran Logam, Edisi ke-2, Cetakan ke- 7, Jakarta: PT. Pradnya Paramita. Surdia, T. & Shinroku S. 1985. Pengetahuan Bahan Teknik, Cetakan 1. Jakarta: PT. Pradnya Paramita. Mulyono, T. 2004. “Penelitian Sifat Fisis dan Mekanis AS Boll Joint dengan Perlakuan Panas Annealing. Tugas penelitian. Jurusan Teknik Mesin UMS. Van Vliet, G.L.J., Haroen (Alih Bahasa). 1984. Teknologi untuk Bangunan Mesin Bahan-bahan I. Cetakan ke-1. Jakarta: PT. Erlangga. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sifat fisis dan mekanis
sprocket AHM dan ASPIRA yang di karburizing. Langkah-langkah Penelitian
dengan cara memasukkan spesimen dalam kotak yang diisi dengan bubukan
arang tempurung kelapa, kemudian dipanaskan hingga suhu mencapai 900
derajad celcius ditahan selama 1 jam da didinginkan diudara bebas. Langkah
berikutnya adalah melakukan pengujian kekerasan dan struktur mikro. Hasil
yang didapatkan dari pengujian bahwa, uji komposisi kimia diketahui terdapat
beda unsure yang tidak terlalu signifikan, namun memberikan perbedaan sifat
fisis dan mekanis. Pada pengujian kekerasan pada sprocket AHM sebesar 950.8
HVN, pada sprocket ASPIRA sebesar 904.4 HVN dan 927.0 HVN untuk
ASPIRA yang dikarburizing, dengan demikian terjadi penambahan unsure
karbon sebesar 2.5 %. Sedangkan pada pengamatan struktur mikro untuk AHM
dan ASPIRA baik yang dikarburizing maupun tidak terlihat fase martensit
yang mendominasi. | en_US |