Pembangunan Kota, Ekonomi Perkotaan dan Pembentukan Cluster Ekonomi Kawasan Perkotaan
Abstract
Pembangunan kawasan kota pada saat sekarang ini tengah mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini terjadi sejak era 1980-an hingga 2010-an, dimana fenomena pembentukan kawasan perkotaan di berbagai wilayah dunia mengalami peningkatan yang pesat. Karena itu kegiatan pembangunan di kawasan kota pada saat sekarang ini dinilai semakin penting dan strategis. Berkaitan dengan pembangunan kawasan kota ada hal penting yang mengiringi kegiatan tersebut yaitu kegiatan ‘ekonomi perkotaan’ (the urban economic activities). Kegiatan ekonomi perkotaan merupakan bagian dari kegiatan pembangunan kawasan kota yang bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi kawasan disamping meningkatkan pendapatan dari kota yang bersangkutan.Dalam rangka peningkatan kegiatan ekonomi nasional melalui MP3EI, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melalui kegiatan perencanaan kluster-kluster ekonomi kawasan. Pembentukan kluster ekonomi kawasan juga dilakukan di kawasan perkotaan terutama di kota kota besar termasuk juga kota metropolitan. Bahasan tentang kluster pusat pertumbuhan kota di kota metropolitan adalah dengan meningkatkan peran dari CBD (Central Bussines District). Untuk kota skala metropolitan, peningkatan peran CBD sudah merupakan kebutuhan penting yang tujuan utamanya adalah peningkatan kegiatan ekonomi kawasan perkotaan.Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah: metode deskriptif ‘analisis secara topikal’ yang berkaitan dengan tiga sub-topik pada judul penelitian. Guna mendukung tahap analisis atau pembahasan, penelitian ini didukung oleh adanya dua hal penting, yaitu: (a) tinjauan teoritik berupa telaah kepustakaan dan (b) mengangkat studi kasus penelitian yaitu: Kegiatan Industri Kreatif di Koridor Jalan Surapati-Cicaheum - kota Bandung. Dalam penelitian ini diungkap bahwa kegiatan industri kreatif tersebut (di koridor Jalan Surapati-Cicaheum kota Bandung ini, mampu meningkatkan pendapatan dari sebagian warga masyarakat kota Bandung yang berkegiatan di industri kreatif : kaos, jaket, spanduk dan baliho.