Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetya, Dedi Ary
dc.contributor.authorNurruzzaman, Muhammad
dc.date.accessioned2014-01-02T09:03:49Z
dc.date.available2014-01-02T09:03:49Z
dc.date.issued2013-11-23
dc.identifier.citationAndriyadi, Anggi, 2011.”Augmented Reality with ARToolKit.” Online store di www.nulisbuku.com diakses pada 12 Mei 2012 pukul 10.00 WIB Andriyadi, Anggi, 2011. “Cara Membuat Setup Intsaller pada ARToolKit”, dikutip dari http://belajar- ar.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-setup-installer-pada.html diakses pada 27 Mei 2012 pukul 12.01 WIB Gorbala, Bregga Tedy, 2010. “Aplikasi Augmented Reality Untuk Katalog Penjualan Rumah.” Institut Sepuluh Nopember Surabaya. Wibisono, Endarmadi Kunto, 2011.”Implementasi Aplikasi Augmented Reality Sebagai Alat Peraga Dalam Pelajaran Fisika Materi Tata Surya.” Universitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.identifier.issn2339028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4140
dc.description.abstractMuseum Radya Pustaka Surakarta adalah museum tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV, pepatih dalem pada masa pemerintahan Pakoe Boewono IX dan Pakoe Boewono X. Akan tetapi Museum ternyata museum ini kurang diminati oleh masyarakat, sehingga diperlukan suatu promosi kepada masyarakat agar mau untuk datang berkunjung dan mempelajari obyek-obyek yang ada di dalam museum tertua tersebut. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah membuat suatu aplikasi pengenalan obyek-obyek museum Radya Pustaka berbasis augmented reality (AR). AR sendiri adalah suatu teknologi yang terbilang baru yang menggabungkan dunia virtual 3D dengan dunia nyata secara bersamaan. AR memerlukan webcam untuk menangkap gambar marker yang apabila terbaca dengan baik akan muncul suatu obyek yang merupakan salah satu koleksi Museum Radya Pustaka. Obyek virtual 3D dari koleksi museum sebelumnya dibuat dahulu dengan software pembuat model 3D, dalam penelitian ini menggunakan software Blender 3D 2.49b yang di dalamnya terdapat fungsi untuk meng-export obyek 3D ke bentuk format file .wrl yang dengan mudah digunakan oleh program AR. Pengujian terhadap aplikasi tersebut didapatkan beberapa kondisi, antara lain sistem dapat mendeteksi marker dengan sempurna dalam rentang jarak antara 4 - 40 cm dari kamera, dalam penelitian ini lebih sering menggunakan kamera yang ada pada laptop/notebook. Sistem tidak dapat menampilkan obyek di atas marker apabila marker terhalang oleh obyek lain di dunia nyata atau terlalu miring atau terlalu banyak cahaya maupun kekurangan sehingga marker tidak dapat dikenali. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat ikut mempromosikan Museum Radya Pustakaen_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectmarkeren_US
dc.subjectobyek virtual 3Den_US
dc.titleMenerapkan Aplikasi Augmented Reality pada Obyek-Obyek Museum Radya Pustakaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record