Show simple item record

dc.contributor.authorRaharjo, Samsudi
dc.contributor.authorSolechan
dc.date.accessioned2014-01-17T04:18:23Z
dc.date.available2014-01-17T04:18:23Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAsher C & Northhington L., 2008., Position statement for measuraement of temperature/fever in children. Society of Pediatric Nurses. Diakses dari www.pednurses,org . A.S. Seleznev, L. A. Petrov, O. N. Chupakhin, V. I. Kononenko, I. A. Chupova and A. V. Ryabina., 2009., Physicochemical Studies of Systems and Processes Cobaltcontaining catalytic systems alloyed with rare and rare-earth metals as catalysts for synthesis of hydrocarbons from CO and H2. Russian Journal of Applied Chemistry. 82(5), 820-825. Arifuddin. 1999.,Penggerak mula motor bakar torak, Univ. Gunadarma, Jakarta. Arismunandar, Wiranto, 1988, Penggerak Mula Motor Bakar, Bandung, ITB. Budinski., 2001,” Engineering Materials Properties and Selection,” PHI New Delhi, pp. 517–536. Christoph Schmitz, Josef Domagala, Petra Haag.2006. Handbook of aluminium recycling: fundamentals, mechanical preparation, metallurgical processing, plant design. Vulkan-Verlag GmbH Djoko Sutrisno,. (2005),. “Efisiensi hingga 80 persen dengan menggunakan prinsip ledakan Hidrogen yang terpatik pada api busi untuk menambah hasil pembakaran BBM”, Yogyakarta. [Dede Sutarya,. (2008)., Analisis Unjuk Kerja Thermocouple W3Re25 Pada Suhu Penyinteran 1500 o C., ISSN 1979-2409. No. 01. [Daryanto. Teknik Otomotif, cetakan ketujuh, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2002 Djoko Hari Praswanto. 2011. Karakteristik Cu, Pb dan Sn. (Online) http://litbangtek- mesinitn.blogspot.com/2011/10/karakteristik-cu-pb-dan-sn.html. Diakses pada 1 Desember 2012. David icke.,(2012)., Hydrocarbon Crack System (HCS)., http://www.baligifter.org/blog., David Icke's Official Forums. Emel Seran. 2010. Tembaga Tambang sifat dan Kegunaan. (Online) http://wanibesak.wordpress.com/2010/11/07/tembaga-tambang-sifat-dan-kegunaan/. Diakses pada 1 Desember 2012. Farid I. System Bahan Bakar Trouble Shooting,Pada Mesin Matic, Universitas Negeri Semarang, Semarang 2005. Hirai, T., N. Ikenaga, T.Miyake., and T. Suzuki, “Production of hydrogen by steam reforming of glycerin on ruthenium catalyst”, Energy and Fuels, 19, 1761-1762 (2005). IMO, 1998., Annex VI MARPOL 73/78 Regulation for the Prevention of Air Pollution from Ships and NOx Technical Code. International Maritime Organization, London. John R. Brown,. 1994, feseco Non-Ferrous Foundryman’s Handbook Eleventh edition Revised and edited J. Purwosutrisno Sudarmadi., (2007)., Angka Oktan Dan Pencemaran Udara., Jakarta.1821-1829. Kabarindo.,(2012)., TNT Express Indonesia; Sosialiasi Pengemudi Ramah Lingkungan., Jakarta., Selasa, 3 Januari 2012-17:12:18 Ketta Mc, J.J., (1988)., Encyclopedia of Chemical Processing and Design, vol 1. Marcell Dekker, New York. Keputusan menteri Negara lingkungan hidup no. 48 tahun 1996 tentang baku tingkat kebisingan Mustafa Bakeri, Akhmad Syarief, Ach. Kusairi S., analisa gas buang mesin berteknologi efi dengan bahan bakar premium., info teknik, Volume 13 No. 1, Juli 2012., hal 81-90. Muhammad dan kawan-kawan., (2007).“Studi Penggunaan Microwave pada Proses Transesterifikasi Secara Kontinyu untuk Menghasilkan Biodiesel”. Malang 8, 1349-1353. Muadi Ikhsan., 2010., Pengaruh jumlah katalisator pada hydrocarbon crack system (HCS) dan jenis busi terhadap daya mesin sepeda motor yamaha jupiter z tahun 2008., Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan, FKIP-UNS., email : woie_muadie@yahoo.com . Nasri, 1997.,Teknik Pengukuran dan Pemantauan Kebisingan di Tempat Kerja. Niels R. Udengaard., (2004)., Hydrogen production by steam reforming of hydrocarbons, Houston, Texas 77058. 49 (2), 906. Peraturan Menteri Negara lingkungan hidup nomor 05 tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor lama. Roy Union, (2004).,Technical Perspective Hydrogen Boosted Engine Operation., SAE Technical Paper Series 972664), 5 http://www.hydrogenboost.com Rahardjo Tirtoatmodjo., 2009., Pemanfaatan Energi Gas Buang Motor Diesel Stasioner untuk Pemanas Air., JURNAL TEKNIK MESIN Vol. 1, No. 1, April 1999 : 24 – 29. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petrahttp://puslit.petra.ac.id/journals/mechanical Sudirman, Urip, 2009, Hemat BBM dengan Air, cetakan kedua, Jakarta:Kawan Pustaka Saputra satriyo., (2008)., Studi kondisi kimiawi penyebaran PB, debu dan kebisingan di kota Jakarta. Jurnal kajian ilmiah penelitian ubhara jaya vol.9 No.2. Supraptono, 2004., Bahan Bakar dan Pelumas., Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Sasongko D.P, A. Hadiarto, Sudharto P Hadi, Nasio A.H, A. Subagyo, 2000, Kebisingan Lingkungan, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang Sastrowinoto, 1985.,Penanggulangan Dampak Pencemaran Udara Dan Bising Dari Sarana Transportasi, Satudju, Dj, 1991., Studi perencanaan udara kendaraan bermotor di DKI Jakarta, [Suzuki Indonenesia.,(2012)., Mesin Hemat Bahan Bakar dengan Service Berkala., Book Manual Service.,vol 2.,hal 23-24 Toyota Training Manual. Engine Group Step 2. Jakarta, 1996 UNEP., (2008)., Pedoman Efisiensi Energi untuk Industri di Asia – www.energyefficiencyasia.org. Wartawan, Anton l. Bahan Bakar Bensin Otomotif, cetakan William D. Callister,Jr., 2007., Materials Science And Engineering An Introduction., seven edition., New York Witoelar. R. 2006. Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup. No 5. www.krisbow.com www.kr.co.id/web/detail.php (2008). www.janggatehnik.com. (2010) www.made-in-china.com. (2012). www.pipa.logamindonesia.net www.mitraenvitech.indonetwork.co.id www.soft7.com www.metrownew.com. Harga minyak mentah Light Sweet naik tinggi. www.kompas.co.id. BBM mulai malam ini Naik, bensin Rp.6500 dan solar Rp.5500. www.forum.detik.com www.gassavers.org Yusuf Wibisono., 2002., Toyota Kijang Super [Generasi 3 (A) : 1986-1992 (KF40/KF50)]., Bandung., Sep-Nov 2002., Alli-Rights Reserved. Yull Brown., (2008)., sistem elektrolisa untuk memecahkan campuran air destilasi dan soda kue menjadi campuran gas hidrogen-hidrogen-oksigen (HHO) pada motor diesel., hal 24-31en_US
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4157
dc.description.abstractMemiliki kendaraan dengan bahan bakar yang irit merupakan salah satu faktor utama konsumen menentukan pilihan membeli mobil atau kendaraan, ini disebabkan harga bahan bakar yang semakin melambung. Sekarang untuk minyak mentah Light Sweet menyentuh harga setinggi US$ 122,17 per barrel dengan harga eceran per liter untuk bahan premium Rp 6.500 Per lier, pertamax Rp 9.050 per liter dan pertamax plus Rp 9.450 per liter. Maka perlu inovasi pembuatan alat untuk penghematan bahan bakar yang tujuanya untuk menaikan kinerja mesin, mengurangi emisi gas buang dan mengurangi resiko kerusakan.Tujuan utama dari penelitian ini adalah membuat alat penghemat BBM memakai metode hydrocarbon crack system (HCS) menggunakan pipa katalis untuk menghemat bahan bakar dan emisi gas buang. Metode penelitian menggunakan variabel bebas dengan mengatur putaran mesin, panjang pipa katalis dan volume pertamax untuk mengetahui pengaruh penghematan BBM, temperatur mesin, kebisingan, dan emisi gas buang. Selain itu menganalisa kinerja juga efesiensi mobil Kijang Super 1500 cc sebelum dipasang dan sesudah HCS. Hasil uji HCS sangat efektif dipakai untuk power supelmen kendaraan bermotor sebagai penghemat bahan bakar yang mampu menghemat minimal 50% sampai 70% bahan bakar. Sebelum memakai pipa katalis waktu performa mesin 3: 57 menit, temperatur mesin 65 o C, kebisingan 79 db dan emisi gas buang masih diatas nilai batas yang diizinkan, setelah menggunakan pipa katalis menjadi waktu performa mesin 6:03, temperatur naik 75 o C, kebisingan dan emisi gas buang sesuai standar nilai emisi gas buang yang diizinkan. Metode HCS mampu menghemat BBM 62% dan menurunkan kadar emisi gas buang dengan peningkatan panjang pipa katalis dan volume pertamax.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectbahan bakaren_US
dc.subjectgasen_US
dc.subjecthydrocarbon crack systemen_US
dc.subjectmesinen_US
dc.subjectpipa katalisen_US
dc.titleStudi Pengaruh Penambahan Pipa Katalis Hydrocarbon Crack System terhadap Penghematan Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Mobil Kijang Super 1500 CCen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record