• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisa Kerusakan pada Rotating Element Pompa Injeksi Air David Brown DB34-D di PT CPI Minas

    Thumbnail
    View/Open
    TM_001_Abrar_UMRI.pdf (2.998Mb)
    Date
    2013
    Author
    Ridwan, Abrar
    Chandra, Ridwan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rotating element pada pompa injeksi air David Brown DB34-D di PT CPI Minas mempunyai peran yang sangat vital dalam sistem kerja pompa. Pergerakan fluida di dalam pompa sangat dipengaruhi oleh kinerja dari rotating element ini. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada bagian ini akan sangat terasa dampak dan pengaruhnya terhadap kinerja dari pompa tersebut. Bagian ini harus mendapatkan perhatian lebih agar terhindar dari kerusakan lain yang lebih besar serta terhindar dari besarnya biaya pemeliharaan yang nanti akan di keluarkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi dan mendapatkan solusi penanganan yang tepat terhadap kerusakan yang terjadi pada rotating element pompa injeksi air David Brown DB34-D. Adapun data yang dibutuhkan adalah data sheet pompa injeksi air David Brown DB34-D, data DIFA (Dismantling Inspection Failure Analisys)dan data uji sampel fluida. Berdasarkan data DIFA ditemukan bahwa kerusakan yang paling dominan terjadi pada bagian shaft pompa. Dari kerusakan tersebut, bagian yang mengalami kerusakan selalu berada pada daerah yang sama yaitu shaft pompa pada bagian antara throttle bushing dan mechanical seal.Hasil analisa diperoleh kerusakan yang terjadi pada shaft pompa adalah fenomena korosi erosi dengan nilai laju korosi sebesar 15,26 mm/y, yang disebabkan oleh aliran turbulen dan peningkatan kecepatan fluida pada bagian tersebut dari kecepatan 8508,999 ft/s pada clearance normal sebesar 0,017 inch menjadi 18081,622 ft/s di luar clearance normal sebesar 0,008 inch.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4161
    Collections
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) I 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV