dc.contributor.author | Maharini, Wahju | |
dc.date.accessioned | 2014-03-21T06:08:32Z | |
dc.date.available | 2014-03-21T06:08:32Z | |
dc.date.issued | 2014-01-25 | |
dc.identifier.issn | 978-979-636-156-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4371 | |
dc.description.abstract | Makalah ini mendiskripsikan ketidaksantunan berbahasa yang terjadi di lingkungan
sekolah baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Penggunaan bahasa yang tidak
santun di sekolah menjadi salah satu indikator adanya penurunan kualitas
kepribadian atau karakter guru maupun siswa. Beberapa kondisi menjadi faktor
pendorong munculnya penggunaan bahasa yang tidak santun di sekolah meliputi
lingkungan sosial masyarakat, lingkungan keluarga, buku-buku bacaan, media
massa, dan sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan ketidaksantunan bahasa
tersebut perlu adanya komitmen bersama oleh semua pihak di lingkungan sekolah
dan pihak-pihak terkait dalam rangka menyusun dan melaksanakan programprogram untuk membangun watak dan kepribadian khususnya penggunaan bahasa
yang santun baik oleh guru maupun siswa. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | ketidaksantunan berbahasa | en_US |
dc.subject | lingkungan sekolah | en_US |
dc.title | Ketidaksantunan Berbahasa di Lingkungan Sekolah | en_US |
dc.type | Article | en_US |