dc.identifier.citation | Kim, Y., Choi, Y. and Yoo, S.B., 2001, Brokering and 3D Collaborative Viewing of Mechanical Part Models On The Web, International Journal of Computer Integrated manufacturing , Vol, 14, No.1, hal.28-40, Taylor and Francis, Ltd. Maulidya, R. dan Toha, I.S., 2005 , Pengembangan Infrastruktur Sistem Kolaborasi Desain Berbasis Web Yang Mendukung Karakteristik Kolaborasi, Proceeding Seminar Sistem Produksi VII, 682-695. Nagamachi, M., 2001, Workshop 2 on Kansei Engineering, International Conference on affective Human Factor Design, Singapore. Rahman, S.M., Sarker, R. and Bignall, B., 1999, Application of Multimedia Technology in Manufacturing : A Review, Journal Computer in Industri, No. 38, hal 43-45, Elsevier Science. Schutte, S., 2002, Designing Feeling into Products Integrating Kansei Engineering Methodology in Product Development, Thesis No. 946, Linkoping University, Sweden. Sun, Q. and Gramoll, K., 2001, Internet-Based Distributed Collaborative Engineering Environment for Engineering Eduction and Design, Proceeding of the 2001 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition, American Society for Engineering Education. Sun, Q. and Gramoll, K., 2002, Internet-Based Distributed Collaborative Engineering Analysis, Concurrent Engineering: Research And Applications, Vol. 10 (4), Sage Pub.. Wibisono, M.A., Hadeli dan Toha, I.S., 1999, Sistem Kolaborasi Vendor Komponen Standard dan Desainer Berbasis Web Dengan Menggunakan Prinsip Desain Berbasis Feature, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, Vol. 19(3), Desember, ISSN:0854- 4182 Widodo, D.I., 2005, Perancangan dan Pengembangan Produk, UII Press, Yogyakarta. Zhuang, Y., Chen, L. and Venter, R., 2000, CyberEye: An Internet-enabled Environment To Support Collaborative Desain, Concurrent Engineering: Research And Application, No.8, 213-229. | en_US |
dc.description.abstract | Proses desain searah menghasilkan desain yang tidak memuaskan konsumen. Penggunaan
metode-metode yang telah ada seperti Kansei Engineering, digunakan tanpa konfirmasi
lagi dengan konsumen. Oleh karena itu, tulisan ini akan membahas desain dengan
menggunakan berbagai metode dan mengintegrasikannya menjadi sebuah metode desain
baru, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek atau model untuk penerapan metode
adalah produk casing flash disk. Integrasi metode desain dilakukan secara series dimulai dari
metode Kansei Engineering (M.I), kemudian hasilnya sebagai masukkan metode Kolaborasi
berbasis web (M.II) kemudian integrasi dari kedua metode tersebut membentuk metode
baru (M.III), sehingga dihasilkan konsep desain yang tepat bagi konsumen. Hasil integrasi
metode M.I, M.II dan M.III menunjukkan bahwa dengan proses desain dua arah, konsumen
lebih menyukai desain casing flash disk dengan bentuk persegi, bahan dari karet, ukuran
besar, terdapat aksesoris gantungan serta warna silver. Konsep desain yang berhasil
dikembangkan ada empat, dengan sistem kolaborasi web yang memerlukan waktu dua hari,
akhirnya dapat terpilih satu desain yang paling tepat bagi konsumen. Sehingga dengan adanya
integrasi metode-metode tersebut dapat diperoleh hasil desain yang tepat dalam waktu cepat. | en_US |