Show simple item record

dc.contributor.authorHaryanto
dc.contributor.authorNandiroh, Siti
dc.date.accessioned2012-03-13T07:15:29Z
dc.date.available2012-03-13T07:15:29Z
dc.date.issued2009-10
dc.identifier.citationKim, Y., Choi, Y. and Yoo, S.B., 2001, Brokering and 3D Collaborative Viewing of Mechanical Part Models On The Web, International Journal of Computer Integrated manufacturing , Vol, 14, No.1, hal.28-40, Taylor and Francis, Ltd. Maulidya, R. dan Toha, I.S., 2005 , Pengembangan Infrastruktur Sistem Kolaborasi Desain Berbasis Web Yang Mendukung Karakteristik Kolaborasi, Proceeding Seminar Sistem Produksi VII, 682-695. Nagamachi, M., 2001, Workshop 2 on Kansei Engineering, International Conference on affective Human Factor Design, Singapore. Rahman, S.M., Sarker, R. and Bignall, B., 1999, Application of Multimedia Technology in Manufacturing : A Review, Journal Computer in Industri, No. 38, hal 43-45, Elsevier Science. Schutte, S., 2002, Designing Feeling into Products Integrating Kansei Engineering Methodology in Product Development, Thesis No. 946, Linkoping University, Sweden. Sun, Q. and Gramoll, K., 2001, Internet-Based Distributed Collaborative Engineering Environment for Engineering Eduction and Design, Proceeding of the 2001 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition, American Society for Engineering Education. Sun, Q. and Gramoll, K., 2002, Internet-Based Distributed Collaborative Engineering Analysis, Concurrent Engineering: Research And Applications, Vol. 10 (4), Sage Pub.. Wibisono, M.A., Hadeli dan Toha, I.S., 1999, Sistem Kolaborasi Vendor Komponen Standard dan Desainer Berbasis Web Dengan Menggunakan Prinsip Desain Berbasis Feature, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, Vol. 19(3), Desember, ISSN:0854- 4182 Widodo, D.I., 2005, Perancangan dan Pengembangan Produk, UII Press, Yogyakarta. Zhuang, Y., Chen, L. and Venter, R., 2000, CyberEye: An Internet-enabled Environment To Support Collaborative Desain, Concurrent Engineering: Research And Application, No.8, 213-229.en_US
dc.identifier.issn1411-5174
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/444
dc.description.abstractProses desain searah menghasilkan desain yang tidak memuaskan konsumen. Penggunaan metode-metode yang telah ada seperti Kansei Engineering, digunakan tanpa konfirmasi lagi dengan konsumen. Oleh karena itu, tulisan ini akan membahas desain dengan menggunakan berbagai metode dan mengintegrasikannya menjadi sebuah metode desain baru, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek atau model untuk penerapan metode adalah produk casing flash disk. Integrasi metode desain dilakukan secara series dimulai dari metode Kansei Engineering (M.I), kemudian hasilnya sebagai masukkan metode Kolaborasi berbasis web (M.II) kemudian integrasi dari kedua metode tersebut membentuk metode baru (M.III), sehingga dihasilkan konsep desain yang tepat bagi konsumen. Hasil integrasi metode M.I, M.II dan M.III menunjukkan bahwa dengan proses desain dua arah, konsumen lebih menyukai desain casing flash disk dengan bentuk persegi, bahan dari karet, ukuran besar, terdapat aksesoris gantungan serta warna silver. Konsep desain yang berhasil dikembangkan ada empat, dengan sistem kolaborasi web yang memerlukan waktu dua hari, akhirnya dapat terpilih satu desain yang paling tepat bagi konsumen. Sehingga dengan adanya integrasi metode-metode tersebut dapat diperoleh hasil desain yang tepat dalam waktu cepat.en_US
dc.subjectCasing flash disken_US
dc.subjectdesainen_US
dc.subjectKansei Engineering,en_US
dc.subjectkolaborasien_US
dc.subjectweben_US
dc.titleKOLABORASI DESAIN BERBASIS WEB DAN KANSEI ENGINEERING PADA CASING USB FLASH DISKen_US
dc.title.alternativeDESIGN COLLABORATION ON USB FLASH DISC CASE USING WEB AND KANSEI ENGINEERINGen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record