dc.contributor.author | N. Setyaningsih | |
dc.date.accessioned | 2014-05-19T02:37:41Z | |
dc.date.available | 2014-05-19T02:37:41Z | |
dc.date.issued | 2013-02 | |
dc.identifier.citation | Lewis, C., Perry, R., Hurd, J., & O’Connel, M. P. 2006. Teacher collaboration: Lesson study comes of age in North America. Tersedia pada http://www. Lesson research.net/ LS_06kappan.pdf. Marpaung. 2006. “Pendekatan Psikologi dan Budaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Matematika”. Makalah workshop lokal PMRI, 15 – 17 Juni 2006, Yogyakarta. Rita dan N. Setyaningsih .2007. Pengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Matematika Kontektual. Surakarta: UMS. Sukirman. 2011. Upaya meningkatkan Mutu Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Melalui Lesson Study, Disampaikan dalam Workshop lesson Study di FKIP UMS, 19 April 2011 Syaodih, Nana .2003. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya. Setyaningsih, dkk.2006. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembenahan gaya Mengajar Guru dengan Acuan Realistik. Surakarta: UMS. ——. 2008. Implemetasi Improving Learning sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktivan Siswa dalam Pembelajaran Matematika.Surakarta: LPM – UMS. Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius | en_US |
dc.identifier.issn | 1411- 5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4454 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat dan model pembelajaran berbasis konstruktivis untuk mata kuliah statistika matematika melalui pendekatan lesson study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan dampak penggunaan perangkat dan model pembelajaran berbasis konstruktivis terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research & development). Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran statistika matematika terdiri dari: silabus, Rencana Mutu Perkuliahan dan bahan ajar sudah siap untuk diuji validasi melalui pendekatan lesson study dengan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), refleksi, dan tindak lanjut. (2) Desain model pembelajaran berbasis konstruktivis meliputi beberapa tahapan, yaitu: orientasi, elicitasi, restrukturisasi ide, aplikasi, dan review. (3) Berdasarkan temuan dari hasil uji coba perangkat dan model pembelajaran, khususnya dalam pengembangan aktivitas mahasiswa, menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa yang diukur dengan indikator kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan dalam mengajukan ide, dan kemampuan mengajukan dugaan. | en_US |
dc.publisher | lppm ums | en_US |
dc.subject | lesson study | en_US |
dc.subject | konstruktivis | en_US |
dc.subject | perangkat pembelajaran | en_US |
dc.subject | aktivitas | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivis Mata Kuliah Statistika melalui Pendekatan Lesson Study | en_US |
dc.type | Article | en_US |