EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEPSI PENUMPANG (STUDI KASUS ANGKUTAN UMUM BUS JURUSAN SURAKARTA – YOGYAKARTA)
dc.contributor.author | Suwardi | |
dc.date.accessioned | 2012-03-13T07:21:26Z | |
dc.date.available | 2012-03-13T07:21:26Z | |
dc.date.issued | 2009-10 | |
dc.identifier.citation | Anonim. 1992. Undang-Undang Lalulintas Angkutan Jalan No. 14 Tahun 1992. Departemen Pehubungan Darat. Jakarta: Sinar Grafika. _______. 1993. Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1993tentang Undang-undang lalulintas dan angkutan jalan. Departemen Pehubungan Darat. Jakarta. _______. 1993. Undang-undang Lalulintas dan Angkutan Jalan No. 43 Tahun 1993. Departemen Perhubungan Darat. Jakarta. _______. 1996. Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan. Departemen Pehubungan Darat. Jakarta. _______. 1997. Sistem Transportasi. Jakarta: Penerbit Universitas Guna Darma. _______. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Departemen Perhubungan. Jakarta. Abas. 2006. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Abubakar. 1996. Menuju Lalulintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Direktorat Perhubungan Darat. Jakarta. Tamim,O.Z. 1997. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB. Warpani S. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit ITB. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5174 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/446 | |
dc.description.abstract | Kota Surakarta merupakan kota perdagangan. Yogyakarta merupakan kota pelajar dan Kota budaya. Meskipun kedua kota mempunyai karakteristik yang berbeda tetapi saling mendukung dan saling berhubungan. Salah satu faktor pendukung kelancaran hubungan kedua kota adalah angkutan umum. Pada saat sekarang angkutan umum Yogyakarta – Surakarta terutama angkutan umum bus perlu evaluasi sejauh mana kinerja dan sejauh mana persepsi penumpang yang kaitannya dengan pengguna. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi pengguna angkutan umum bus yang kaitannya dengan pelayanan, kenyamanan, waktu tempuh dan ongkos umum bus trayek Yogyakarta – Surakarta. Manfaat penelitian adalah sebagai masukan kepada pemerintah, pengusaha dan pengguna sehingga bisa berkembang dengan pesat. Metode penelitian adalah data primer dan data sekunder dianalisis meliputi : waktu sirkulasi, jumlah putaran, Jumlah naik turun penumpang, kinerja dan persepsi pengguna angkutan umum bus jurusan Yogyakarta – Surakarta. Hasil penelitian adalah: tarif penumpang pukul 06.00- 08.00 headway 3 menit dan pukul 08.00-18.00 headway 5 menit, load factor rata-rata 55.83 % sebesar Rp. 8.718,58. Tarif penumpang pukul 06.00-08.00 headway 4.5 menit dan pukul 08.00-18.00 headway 7.5, menit, load factor 83.75 % sebesar Rp. 5.812,34. Tarif penumpang di lapangan sebesar Rp. 8.000,00. Tarif batas bawah Rp. 5.800,00 tarif batas atas Rp. 8.650,00. Waktu tempuh 1jam 35 menit. Jam operasi 3 sirkulasi adalah 11 jam 17 menit. Persepsi pengguna waktu tempuh 1 jam 30 menit – 1 jam 40 menit. Headway 5 – 6 menit, kenyamanan cukup nyaman, keamanan cukup aman .Tarif menurut persepsi penguna adalah Rp. 7.000,00 - Rp. 8.000,00 | en_US |
dc.subject | Bus Surakarta | en_US |
dc.subject | Yogyakarta | en_US |
dc.subject | Karakteristik | en_US |
dc.subject | Persepsi | en_US |
dc.title | EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEPSI PENUMPANG (STUDI KASUS ANGKUTAN UMUM BUS JURUSAN SURAKARTA – YOGYAKARTA) | en_US |
dc.title.alternative | EVALUATION PERFORMANCE PUBLIC TRANSPORT PURSUANT TO PERCEPTION PASSENGER (CASE STUDY PUBLIC TRANSPORT BUS MAJORS IN SURAKARTA – YOGYAKARTA) | en_US |
dc.type | Article | en_US |