Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad, Nur
dc.contributor.authorHermawan, Didik
dc.date.accessioned2014-05-22T03:49:40Z
dc.date.available2014-05-22T03:49:40Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prakti, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Bu di yo no , 2 0 0 4 , S ta ti st ik U nt u k Pe ne li ti an , S e be l a s Ma r e t Un i v e r si t y P re s s , Surakarta. Ghozali, Imam, 2005, Analisis Multivariate Dengan P r og r a m SP S S , B a d a n P e n er b i t Universitas Diponegoro. _, 2006, Analisis Multivariate Dengan P r og r a m SP S S , B a d a n P e n er b i t Universitas Diponegoro. Gujarati, DN., 2003. Basic Econometrics, Third Edition, Mc Graw Hill, New York. Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE . Hasibuan. M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta. Mangkunegara, Anwar, Prabu, 2007, Manajemen S u mb e r D ay a M a nu s i a Pe r u s a h a a n , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhaimin, 2004, Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Disiplin Kerja Karyawan Operator Shawing Computer Bagian Produksi Pada PT P r i ma r i n d o A s i a I nf r a s t r uk t u r T bk D i B a n d u n g , J u rn a l P s y ch e , F a k ul t a s P s i ko l o g i U ni v e r s i t a s B i n a Da r m a Palembang. Purwa nto da n Wa hyuddin, 20 0 7 , Pengaruh Faktor-Faktor Kep uasan Kerja Terh ad ap Kinerja Karyawan Pusat Pendidikankomputer Akuntansi IMKA dl Surakarta, Benefit, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rivai, Veithzal, 2008., Manajemen Sumber Daya M a nu s i a un t u k Pe r u s a h a a n , P T . Rajagrafindo Persada, Jakarta. Samsudin, Sadili, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: CV. Pustaka Setia. S u g iy o n o , 2 0 0 6 , M e to d e P en e l i t ia n B i sn i s , Alfabeta: Jakarta. Sulistiyani, Ambar, Teguh dan Rosidah, 2003, M a n a j e m e n Su m b e r Da y a M a nu s i a (Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.en_US
dc.identifier.issn1410 - 4571
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4473
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh hubungan pekerja (employee relation) yang terdiri dari komunikasi karyawan, bimbingan dan disiplin berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyar dan mengetahui diantara komponen hubungan pekerja (employee relation) yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kajian mengenai fenomena hubungan karyawan (employe relation) dan diharapkan dapat diigunakan sebagai sumber informasi dan bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam meningkatkan kepuasan karyawan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Sedangkan sampel penelitian adalah 100 karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar dengan sampling aksidental sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi diperoleh nilai thitung sebesar 2,845 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Bimbingan diperoleh nilai thitung sebesar 2,936 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Disiplin diperoleh nilai thitung sebesar 5,234 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung 36,488 > 2,68 sehingga komunikasi, bimbingan dan insetif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,533; berarti bahwa komunikasi, bimbingan, disiplin dapat menjelaskan tentang penyebab naik dan turunnya kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar sebesar 53,3%, sedangkan sisanya sebesar 46,7% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa disiplin merupakan variabel yang mempunyai nilai koefisien Beta lebih besar jika dibandingkan dengan kinerja, yaitu sebesar 0,415. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. Menara Kartika Buana Karanganyar dibandingkan dengan bimbingan dan komunikasi.en_US
dc.publisherlppm umsen_US
dc.subjectkomunikasien_US
dc.subjectbimbinganen_US
dc.subjectdisiplinen_US
dc.subjectemployee relationen_US
dc.subjectkepuasan kerjaen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Hubungan Karyawan (Employee Relation) terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Menara Kartika Buana di Karanganyaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record