dc.identifier.citation | Eriyanto (2007), Teknik Sampling, LKiS, Yogyakarta Hill. David, (2011). Pers Di Masa Orde Baru, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta Masduki (2003), Radio Siaran dan Demokratisasi, Jendela, Yogyakarta Masduki (2004). Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter dan Penyiar, LKiS, Yogyakarta Morissan (2007), Media Penyiaran, Strategi Mengelola dan Televisi, Ramadina Prakarsa, Jakarta Singarimbun, Masri (2011), Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta Sudibyo, Agus (2004). Ekonomi Politik Penyiaran, Lkis, Yogyakarta | en_US |
dc.description.abstract | Sebagai lembaga penyiaran publik, Radio Republik Indonesia (RRI) memiliki tugas
memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial.
Selain itu RRI bertugas melestarikan budaya bangsa, untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat
melalui penyelenggaraan penyiaran radio yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia. RRI Jayapura yang merupakan salah satu stasiun radio nasional di daerah,
telah memproklamirkan dirinya sebagai radio publik milik bangsa. Oleh karena itu dalam setiap
sajian siarannya senantiasa melibatkan publik dalam berbagai segmen kelompok pendengarnya
dan berpikir kedepan, bagaimana mengemas acara itu berkualitas, menarik dan disenangi oleh
pendengar berkaitan dengan persaingan dengan radio lainnya dan perkembangan media sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk meemetakan bagaimana profil pendengar RRI Jayapura, penilaian
khalayak terhadap program-program RRI dan harapan terhadap RRI Jayapura ke depan. Adapun
metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik sampling multistage random sampling.
Hasil penelitian memberikan gambaran bagaimana profil pendengar RRI yang sebagian merupakan
pendengar yang loyal, pandangan pendengar tentang program-program RRI bahwa meskipun
banyak masukan berkaitan dengan kemasan program namun RRI masih menjadi pilihan pendengar
untuk mendapatkan informasi dan berita-berita olahraga. | en_US |