Show simple item record

dc.contributor.authorSeptiana, Riska
dc.date.accessioned2014-06-19T00:27:52Z
dc.date.available2014-06-19T00:27:52Z
dc.date.issued2013-09-02
dc.identifier.citationBarus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Budi, Setio (2011). Ekologi Media”: Penerapan Teori Niche dalam Penelitian Kompetisi Media, dalam Ishak, Aswad dkk [ed] 2011. Mix Methodology: Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo. Budyatna, Muhammad. 2006. “Jurnalistik Teori dan praktik”. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Dimmick, John W. 2003. Media Competition and Coexistence-The Theory of the Niche. London: Lawrence Erlbaum Associates.Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi dn Ilmu-Ilmu Lainnya. Jakarta: Kencana. Ishak, Aswad dkk. 2011. Mix Methodology: Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi, disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika. Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar Dasar: Teori dan Praktik. Ghalia Indonesia.en_US
dc.identifier.issn2087-085X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4499
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kompetisi yang terjadi antar industri persuratkabaran pada harian Solo Pos dan Joglosemar dilihat dari rubrik berita dan sirkulasi berita berdasarkan ketergantungan (niche breadth) dan ketumpangtindihan (niche overlap) pada periode Januari 2013. Adapun metode yang penulis gunakan untuk menganalisis rubrik berita dan sirkulasi berita yaitu dengan menggunakan analisis isi. Metode ini digunakan dengan memanfaatkan isi yang ada pada kedua surat kabar tersebut. Setelah itu data yang telah dianalisis akan dihitung dengan menggunakan Teori Niche yang berfungsi untuk mengetahui sumber penunjang kehidupan media (niche breadth) dan ketumpangtindihan (niche overlap). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa niche breadth yang diperoleh kedua surat kabar harian Solo Pos dan Joglosemar berdasarkan kategori rubrik berita adalah cenderung generalis dan menurut sirkulasi berita adalah generalis untuk surat kabar harian Solo Pos dan spesialis untuk surat kabar harian Joglosemar. Sedangkan niche overlap kedua surat kabar harian ini menunjukkan persaingan yang sangat tinggi karena mendekati 0.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectBeritaen_US
dc.subjectTeori Nicheen_US
dc.subjectniche breadthen_US
dc.subjectniche breadthen_US
dc.subjectniche overlapen_US
dc.titleKajian Teori Niche Terhadap Rubrik Berita Pada Surat Kabar Harian Solo Pos dan Joglosemar Periode Januari 2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record