Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitasari, Nia Budi
dc.contributor.authorHasya, Afina
dc.date.accessioned2014-07-02T06:38:42Z
dc.date.available2014-07-02T06:38:42Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.citationGreen, Paul E. dan Krieger, Abba M. 1991, Segmenting Markets with Conjoint Analysis. Journal of Marketing, Vol. 55 (October), hal. 20-31 Kotler, Philip, & Keller, Kevin L. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 12 Bahasa Indonesia Cetakan keempat. 2009. Jakarta. Schiffman, L., & L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, edisi ketujuh. Jakarta. Widodo, R. Mengenal Minuman Ringan Berkarbonasi. 2012. http://pustakapanganku.blogspot.com/2012/02/mengenal-minuman-ringan-berkarbonasi.html, diakses tanggal 8 Mei 2013.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4508
dc.description.abstractPeningkatan jumlah perusahaan industri minuman ringan di Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan persaingan antar produsen minuman ringan berkarbonasi jenis Cola khususnya di Kota Semarang. CocaCola yang sebelumnya bersaing ketat dengan Pepsi untuk menguasai pasar industri minuman ringan berkarbonasi di Indonesia, mulai tahun 2011 mendapatkan pesaing baru dengan merek Big Cola. Penjualan merek Big Cola pada tahun 2012 mengalami peningkatan penjualan sampai dengan 1.900% dari tahun sebelumnya karena ditopang oleh harga yang murah dengan volume kemasan yang lebih besar. Maka dari itu diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap merek Coca-Cola, Pepsi dan Big Cola melalui atribut-atribut produk yang mempengaruhi konsumen serta menganalisis atribut yang paling mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian terhadap produk minuman ringan berkarbonasi jenis Cola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Konjoin dengan Fractional Factorial Design dan teknik pengambilan datanya melalui pengisian kuesioner kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah preferensi konsumen terhadap merek Coca-Cola dengan nilai utility estimate terbesar dibandingkan dua kompetitornya yaitu sebesar 0,368. Adapun atribut yang paling mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk minuman ringan berkarbonasi jenis Cola adalah atribut Merek yang memperoleh nilai kepentingan tertinggi dibandingkan 4 atribut lain yang dibandingkan yaitu sebesar 16,461.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectPreferensi Konsumenen_US
dc.subjectColaen_US
dc.subjectAtribut Produken_US
dc.subjectKonjoinen_US
dc.subjectFractional FactorialDesignen_US
dc.titleAnalisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Coca-Cola, Pepsi dan Big Cola di Kota Semarang dengan Analisis Konjoinen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record