• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Simulasi Model Antrian Multiple Channel Single Phase pada Sistem Pelayanan Kasir First Come First Serve (Studi Kasus: Giant Hypermarket Panam Pekanbaru)

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-057.pdf (502.2Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Anggraini, Wresni
    Hendri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Panjangnya antrian dan lamanya waktu menunggu dapat menyebabkan kebosanan dan kelelahan. Antrian terjadi jika tingkat kedatangan lebih banyak dari pada pelayanan yang diberikan. Model antrian di Giant hypermarket adalah Multiple Channel Single Phase dengan sistem pelayanan first come first serve. Tingkat kedatangan konsumen sangat bervariasi setiap hari. Jumlah kasir yang aktif di Giant pada saat ini belum optimal pemanfaatannya. Tujuan membuat simulasi model antrian di kasir Giant Hypermarket adalah agar dapat memberikan solusi optimal dalam penetapan jumlah fasilitas kasir aktif berdasarkan kriteria: tingkat utilitas kasir, waktu tunggu konsumen dan banyaknya konsumen yang dapat dilayani. Simulasi model dilakukan dengan bantuan software Arena 14.50. Dalam melakukan simulasi dibuat beberapa skenario alternatif berdasarkan kategori hari, yaitu weekday dan weekend dan dibagi lagi menjadi 3 segmen waktu kedatangan: pagi (09.00-12.00), siang (13.00 – 17.00) dan malam (19.00-22.00). Agar dapat mewakili kepentingan pelanggan dan pelayanan, penentuan jumlah kasir optimal ditentukan berdasarkan ukuran performansi yang merupakan kombinasi seimbang antara rata-rata waktu tunggu pelanggan (menit), rata-rata utilitas kasir (%) serta jumlah pelanggan yang dapat dilayani. Berdasarkan hasil simulasi, disimpulkan bahwa jumlah kasir optimal yang harus diaktifkan untuk weekday pagi sebanyak 4 unit, untuk weekday siang sebanyak 6 unit, weekday malam sebanyak 8 unit, untuk weekend pagi sebanyak 6 unit, weekend siang sebanyak 9 unit dan weekend malam sebanyak 11 unit
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4529
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV