• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Manajemen Rantai Pasokan pada Industri Manufaktur dengan Produksi Terbatas

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO-053.pdf (262.4Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Indrajaya, Drajat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam beberpa dekade ini, manajemen rantai pasokan (supply chain management) memperoleh perhatian yang cukup besar dalam manjemen operasi suatu perusahaan dan menjadi suatu bagian yang integral dari strategi perusahaan. Umumnya, bagi industri manufaktur dan jasa, biaya rantai pasokan merupakan aktifitas dengan prosentase biaya yang besar. Oleh karena itu maka strategi yang dipilih sangat menentukan peluang untuk mengurangi biaya dan meningkatkian keuntungan. Keputusan untuk membuat atau membeli, strategi aliansi atau joint venture, atau menggunakan outsourching merupakan pilihan yang dapat dilakukan mengimplementasikan ekonomi rantai pasokan. Berbagai strategi juga dapat digunakan dalam mengembangkan manajemen rantai pasokan, mulai dari pendekatan bernegoisasi dengan banyak pemasok/vendor sampai dengan mengembangkan perusahaan virtual. Pelaku industri pun mulai sadar bahwa untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat, perbaikan diinternal sebuah perusahaan manufaktur tidaklah cukup. Ketiga aspek tersebut membutuhkan peran serta semua pihak mulai supplier yang mengolah bahan baku dari alam menjadi komponen, pabrik yang mengubah komponen dan bahan baku mnjadi produk jadi, perusahaan transportasi yang mengirimkan bahan baku dari supplier ke pabrik, serta jaringan distribusi yang akan menyampaikan produk ke tangan pelanggan.. Setiap perusahaan yang ingin menang atau bertahan dalam persaingan harus memiliki strategi yang tepat. Strategi akan mengarahkan jalannya organisasi ke tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4533
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV