Penentuan Strategi Pembelian Bahan Baku Kritis Melalui Model Kraljic’s Matrix Purchasing Portfolio (Studi kasus: PT Nyonya Meneer Semarang)
View/ Open
Date
2014-03-27Author
Suliantoro, Hery
Nugroho, Susatyo
Juanita, Fany
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan purchasing merupakan bagian dari kegiatan procurement pada suatu perusahaan
yang memiliki peran strategis. Studi pendahuluan menunjukkan adanya masalah dalam kegiatan
purchasing di PT. Nyonya Meneer yaitu berkaitan dengan quality, price dan delivery time. Penelitian
ini dilakukan untuk mengelompokan 5 (lima) item bahan baku utama dengan menggunakan Model
Kraljic’s Matrix Purchasing Portfolio. Melalui pengelompokan dapat dianalisis strategi purchasing
yang tepat berdasarkan kategori item. Melalui perhitungan Triangular Fuzzy Numbers, kelima bahan
baku utama tersebut diplot ke dalam Kraljic’s Matrix sehingga diperoleh 2 (dua) bahan baku kritis
yaitu jahe dan kencur. Analytical Hierarchy Process (AHP) dilakukan untuk menentukan bentuk
strategi purchasing yang tepat untuk mendapatkan bahan baku kritis tersebut., Hasil analisis
menunjukkan bahwa perlu dijalin komunikasi yang baik dengan pemasok serta adanya jaminan
terhadap kualitas selama pembelian.