dc.identifier.citation | Gaspersz, V., 2003, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Gaspersz, V., 2007, Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries, T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Hines, P dan Rich, P., 1997, The Seven Value Stream Mapping Tools, International Journal of Operations & Production Management, Vol. 17, Iss: 1, 46 – 64. Hines, P dan Taylor, D, 2000, Going Lean, Lean Enterprise Research Centre - Cardiff Business School, Cardiff – UK. Singgih, M. L. dan Pramono, A.S., 2007, Penentuan Kebijakan Perbaikan Sistem Distribusi Menggunakan Lean Thinking, Naskah Publikasi dari Tesis, Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. | en_US |
dc.description.abstract | PT. Supralita Mandiri merupakan perusahaan distribusi yang bergerak dibidang pengiriman
barang. Kendala yang dialami PT. Supralita adalah keterlambatan pengiriman dikarenakan
adanya waste dalam proses distribusi. Penelitian ini bertujuan memberikan usulan untuk
mengurangi terjadinya waste tersebut dengan pendekatan Lean. Tahap awal yang dilakukan
adalah membuat big picture mapping. Selanjutnya mengidentifikasi jenis waste yang terjadi
dengan brainstorming dan menyebarkan kuisioner kepada pihak perusahaan. Dengan
menggunakan Value Stream Analysis Tools (VALSAT) dilakukan pemilihan detailed mapping
tools untuk memetakan waste yang terjadi pada sistem distribusi secara lebih detail. Langkah
selanjutnya, menentukan penyebab terjadinya waste tersebut dengan menggunakan metode
why-why dan memberikan usulan pengurangan waste dengan menggunakan metode 5W-1H
Dari hasil pemetaan dan pengumpulan data yang telah dilakukan, didapatkan waste yang
sering terjadi yaitu waiting waste dengan bobot sebesar 0,26 dan waste of conveyance dengan
bobot sebesar 0,25. Berdasarkan hasil VALSAT, tools yang digunakan untuk mengidentifikasi
waste secara lebih detail adalah process activity mapping dan supply chain response matrix.
Dengan membuat process activity mapping, diperoleh aktivitas menunggu terlama terjadi
pada proses pencetakan order. Berdasarkan metode 5W-1H, diusulkan untuk mengurangi
waste yang terjadi dengan menerapkan pencatatan order menggunakan internet order system
dan telephone order system pada toko yang belum memiliki akses internet, penambahan
armada pengiriman yang khusus untuk melayani toko modern serta pengklasifikasian
pengiriman antara toko tradisional dengan toko modern. | en_US |