Show simple item record

dc.contributor.authorPrayitno, Harun Joko
dc.contributor.authorWaljinah, Sri
dc.contributor.authorPratiwi, Dini Restiyanti
dc.contributor.authorHerkawati, Nina Arvita
dc.contributor.authorMarlina, Lia
dc.date.accessioned2014-08-07T03:17:02Z
dc.date.available2014-08-07T03:17:02Z
dc.date.issued2012-03
dc.identifier.citationAchmad, HP. 1994. “Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 1994 dan Peningkatan Sumber Daya Manusia”. Makalah dalam PIBSI Se-Jateng dan DIY di Purworejo, Oktober 1994. BPS Jawa Tengah. 2002. Jawa Tengah dalam Angka. Semarang: Biro Pusat Statistik Jawa Tengah. Depdiknas RI. 2002. Pedoman Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdiknas. Kemdiknas Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. Puskur Kemmendikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MPBSI SD, SMP, SMA/ K/MA. Permenpan. 2009. Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kemenpan & Reformasi Birokrasi. Prayitno, Harun Joko. 1996. Studi Kesiapan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Pemilihan BTBI di SLA Muhammadiyah Se-Kotamadia Surakarta. Surakarta: FKIP UMS. PP Muhammadiyah. 2010. Profil Satu Abad Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Samsuri. 1990. Berbagai Masalah Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Atas. Malang: IKIP Malang. Sarumper, Riris Toha. 1995. “Kurikulum 1994 SLA: Suatu Tinjauan Pengajaran”. Dalam Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra Widyaparwa Nomor 44 Maret 1995. Yogjakarta: Balai Penelitian Bahasa. Sarwiji. 1996. Implementasi Kurikulum 1994 Sekolah Menengah Umum: Suatu Studi terhadap Kesiapan Guru Bahasa Indonesia di Kotamadia Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Siahaan, Bistok. 1988. Pengembangan Materi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Proyek Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti. ————— . 1989. Buku Materi Pokok Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Karunika. Soedijarto. 1994. Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia. Soenardi. 1994. “Tantangan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Melaksanakan Kurikulum Tahun 1994”. Makalah dalam Temu Bahasa dan Sastra Indonesia di Yogjakarta 25 Oktober 1994. Supriyoko. 1996. “Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah: Suatu Tinjauan Konsep dan Aplikasi”. Makalah dalam Seminar Pendidikan Budi Pekerti di FKIP UMS, Mei 1996. Suryanto. 1994. Studi tentang Kurikulum Muatan Lokal pada SMKTA; Kasus Sekolah Kejuruan Standar di Jatim. Surabaya: IKIP Surabaya.en_US
dc.identifier.issn1410-9344
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4625
dc.description.abstractThe service aims to develop Indonesian literary and language and teachers’ competency and professional in the use of learning media at Muhammadiyah General and Vocational High School of Pekalongan regency, Provincial Central Java. It was conducted in the forms of tutorial, training, focus group discussion, and evaluation. The result was developing the KTSP (13.6:69), syllabus and learning development program (12.8:18.8), learning management (9.25:1875), and instructional materials (11.5:15.75) by the teachers. It means that in designing and developing instructional materials, the teachers need continuous consultation to be professional in the field.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectbahan ajaren_US
dc.subjectsilabusen_US
dc.subjectperangkat pembelajaran.en_US
dc.titlePakom bagi Guru-Guru MPBSI Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaranen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record