dc.contributor.author | Prayitno, Harun Joko | |
dc.contributor.author | Waljinah, Sri | |
dc.contributor.author | Pratiwi, Dini Restiyanti | |
dc.contributor.author | Herkawati, Nina Arvita | |
dc.contributor.author | Marlina, Lia | |
dc.date.accessioned | 2014-08-07T03:17:02Z | |
dc.date.available | 2014-08-07T03:17:02Z | |
dc.date.issued | 2012-03 | |
dc.identifier.citation | Achmad, HP. 1994. “Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 1994 dan Peningkatan Sumber Daya Manusia”. Makalah dalam PIBSI Se-Jateng dan DIY di Purworejo, Oktober 1994. BPS Jawa Tengah. 2002. Jawa Tengah dalam Angka. Semarang: Biro Pusat Statistik Jawa Tengah. Depdiknas RI. 2002. Pedoman Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdiknas. Kemdiknas Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. Puskur Kemmendikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MPBSI SD, SMP, SMA/ K/MA. Permenpan. 2009. Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kemenpan & Reformasi Birokrasi. Prayitno, Harun Joko. 1996. Studi Kesiapan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap Pemilihan BTBI di SLA Muhammadiyah Se-Kotamadia Surakarta. Surakarta: FKIP UMS. PP Muhammadiyah. 2010. Profil Satu Abad Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah. Samsuri. 1990. Berbagai Masalah Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Atas. Malang: IKIP Malang. Sarumper, Riris Toha. 1995. “Kurikulum 1994 SLA: Suatu Tinjauan Pengajaran”. Dalam Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra Widyaparwa Nomor 44 Maret 1995. Yogjakarta: Balai Penelitian Bahasa. Sarwiji. 1996. Implementasi Kurikulum 1994 Sekolah Menengah Umum: Suatu Studi terhadap Kesiapan Guru Bahasa Indonesia di Kotamadia Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Siahaan, Bistok. 1988. Pengembangan Materi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Proyek Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti. ————— . 1989. Buku Materi Pokok Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Karunika. Soedijarto. 1994. Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia. Soenardi. 1994. “Tantangan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Melaksanakan Kurikulum Tahun 1994”. Makalah dalam Temu Bahasa dan Sastra Indonesia di Yogjakarta 25 Oktober 1994. Supriyoko. 1996. “Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah: Suatu Tinjauan Konsep dan Aplikasi”. Makalah dalam Seminar Pendidikan Budi Pekerti di FKIP UMS, Mei 1996. Suryanto. 1994. Studi tentang Kurikulum Muatan Lokal pada SMKTA; Kasus Sekolah Kejuruan Standar di Jatim. Surabaya: IKIP Surabaya. | en_US |
dc.identifier.issn | 1410-9344 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4625 | |
dc.description.abstract | The service aims to develop Indonesian literary and language and teachers’
competency and professional in the use of learning media at Muhammadiyah General
and Vocational High School of Pekalongan regency, Provincial Central Java. It was
conducted in the forms of tutorial, training, focus group discussion, and evaluation.
The result was developing the KTSP (13.6:69), syllabus and learning development
program (12.8:18.8), learning management (9.25:1875), and instructional materials
(11.5:15.75) by the teachers. It means that in designing and developing instructional
materials, the teachers need continuous consultation to be professional in the field. | en_US |
dc.publisher | lppmums | en_US |
dc.subject | bahan ajar | en_US |
dc.subject | silabus | en_US |
dc.subject | perangkat pembelajaran. | en_US |
dc.title | Pakom bagi Guru-Guru MPBSI Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Kabupaten Pekalongan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran | en_US |
dc.type | Article | en_US |