dc.identifier.citation | Alma, Buchori. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeto, Bandung. Brooks, L. & Hammons, J. 1993. Has Higher Education Been Using the Wrong Marketing Approach? Journal of Marketing for Higher Education: 2747. Denis Rudd and Richard Mills, 2008, Expanding Marketing Principles For The Sale Of Higher Education. Contemporary Issues In Education Research – Third Quarter, Volume 1, Number 3, pp: 41-52 Duncan & Moriarty.1997. Driving Brand Value, New York: Mc Graw-Hill Gronroos. 2000. Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach, 2nd ed. Chichester: John Wiley & Sons,Ltd. Kotler, Phillip. 2000. Marketing Management. The Millenium Edition. The Prentice Hall International. USA. Marzo-Navarro, M., Pedraja Iglesias, M. and Rivera Torres, P. 2005, “A new management element for universities: satisfaction with the offered courses”, International Journal of Educational Management, Vol. 19 No. 6, pp. 505-26. Paletta, A. 2005, Il governo dell’universita` . Tra competizione e accountability, Il Mulino, Bologna. Russell, M. 2005, “Marketing education: a review of service quality perceptions among international students”, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 17 No. 1, pp. 6577. Smith, D. Ronald. 2005. Strategic Planning For Public Relations. Second Edition. Lawrence Erlbaum Associates Publisher. London. Tam, M. 2002, “Measuring the effect of higher education on university students”, Quality Assurance in Education, Vol. 10 No. 4, pp. 2238. Tung Desem Waringin. 2010. 12 pilar pemasaran. Wina Puspita Sari, Perencanaan Strategis Komunikasi Pemasaran Layanan Jasa Pendidikan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur. Zeithaml & Bitner. 2003. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 3 ed. Boston: Mc-Graw-Hill/Irwin. rd | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bersifat research and development yang dilakukan secara bertahap dalam waktu tiga tahun. Untuk tahun pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran promosi dari 12 pilar pemasaran yang digunakan oleh program-program studi di pascasarjana UMS. Metode tahun pertama dilakukan dengan penelitian eksploratif. Data dihimpun melalui sumber informan, sumber tempat dan peristiwa, serta sumber dokumentasi/arsip yang ada. Untuk menggali data dari berbagai sumber di atas dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan langsung dan analisis isi data-data dokumen/ arsip. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan teknik analisis model interaktif. Model interaktif ini meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, dari 12 pilar pemasaran, hanya lima pilar yang sudah digunakan kebanyakan program studi, yaitu ; public relation, referral, direct sales, advertising, dan seminar/ workshop. Namun aplikasinya belum optimal. Oleh sebab itu untuk mendapatkan jumlah pendaftar yang lebih banyak pengelola program studi perlu mencoba melaksanakan pilar-pilar pemasaran lainnya. | en_US |