Show simple item record

dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorSuwandi, Sarwiji
dc.contributor.authorSudirdjo
dc.date.accessioned2012-03-14T07:01:50Z
dc.date.available2012-03-14T07:01:50Z
dc.date.issued2005-08
dc.identifier.citationAlimi, Moh Yasir. 2002. Jenis Kelamin Tuhan. Yogyakarta: LKIS. Astuti, Mary, Aisah Indati, dan Siti Harti Sastriyani. 1999. “Bias Gender dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Aziz, Erwati. 2002. “Isteri dalam Perspektif Al Quran”. Dalam Relasi Gender dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta Press. Azkiyah, Nurul. 2002. “Keterkaitan Pendidikan Formal Perempuan dan Dunia Pembangunan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 23. Mei. Hal. 7-17 Chusniyatun dan Markhamah. 2003. Gender dalam Terjemahan Ayat-ayat Quran tentang Laki-laki dan Perempuan. Surakarta: Laporan Penelitian atas Biaya DP3M, DirjenDIKTI, tahun 2003. Dardjowidjojo, Soenjono. 2002. “Nasib Wanita dalam Cerminan Bahasa”. Sumijati, As., Suhartono, Marsono, I Dewa Putuwijana (ed.) Integrasi, Moral Bangsa, dan Perubahan. Yogayakarta: Devisi Penerbitan, Unit Pengkajian dan Pengembangan Fakultas Ilmu Budaya, UGM. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Perbukuan. 2003. Kebijakan Perbukuan Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Perbukuan. 2004. “Kebijakan Perbukuan”. Makalah dalam Sosialisasi Bahan Ajar yang Responsif Gender di Solo 17-19 Juni 2004. Departemen Pendidikan Nasional, Proyek Peningkatan dan Pemampuan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender Jakarta. 2003. Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. “Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama dana Madrasah Tsnawiyah” Direktorat Genderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional. 2003. “Materi Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan. Materi Workshop Capacity Building Stakeholder Pendidikan di Kusuma Sahid 2o-22 Oktober. Engineer, Asghar Ali. 2002. “Ïslam And Poligamy”. Dalam Musyawa: Jurnal Studi Gender dan Islam. Vol. 1 No. 1 Maret. Hal.27-39. Faisal, Abdullah, 2002. “ Konsep Wawwam di dalam Alquran (Sebuah Pendekatan Teori Medan Makna). Dalam Relasi Gender dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta. Fakih, Mansoer. 1996. “Analisis Gender & Transformasi Sosial”. Yogyakarta Pustaka Pelajar. _____.1999. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Handayani, Trisakti dan Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press. Harder, Nelly van Doorn. 1999. “Perempuan di Mesir: Perspektif Budaya dan Agama”. Dalam Syafiq Hasyim Menakar “Harga” Perempuan: Eksplorasi Lanjut atas Hak-Hak Reproduksi Perempuan dalam Islam. Harsoyo, Eni Harmayani, dan Any Suryantini. 1999. “Dampak Pembangunan Pertanian terhadap Marginalisasi Tenaga Kerja Wanita: Kasus Usaha Tani Salak di Kabupaten Sleman”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Hayati, Chusnul. 1996. “Perjuangan Wanita Jawa Tengah dalam Pergerakan Nasional 1900-1945". Dalam Lembaran Sastra No. 19. hal 45-59. Hayati, Elly Nur. 2002. “… Jangan Pojokkan Perempuan Korban Kekerasan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Kalibonso, Rita Serena. 2002. “Kejahatan itu Bernama Kekerasan dalam Rumah Tangga”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Khilmiyah. Akif. 2000. “Ketidakadilan Gender dalam Rumah Tangga Keluarga Muslim”. Dalam Profetika: Jurnal Studi Islam. Vol. 2, No.1 Januari. Mahmudah. 2001. “Citra Perempuan dalam Media Masa: Upaya Peneyetaraan Gender”. Manusia dan Dinamika Budaya. Yogyakarta: Fakultas Sastra Bigraf Publishing. Markhamah. 2002. “Gender dalam Tradisi Selamatan pada Masyarakat Keturunan Cina di Surakarta. Laporan Penelitian yang Dibiayai oleh DP4M, Dirjen Dikti. Markhamah, Sudirjo, Sarwiji Suwandi. 2003. “Model Pengembangan Materi Ajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SLTP yang Berperspektif Kesetaraan Gender”. Laporan Akhir Penelitian Tahun Pertama. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Maslamah. 2002. “Feminisme dalam Al Quran”. Dalam Relasi Gender dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta Press. Mosse, Yulia Cleves. 1996. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Rifka Annisa Women’s Cricis Centre dengan Pustaka Pelajar. Muthaliin, Achmad. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Nasution, Khoiruddin. 2002. “ Perdebatan Sekitar Status Poligami: Ditinjau dari Perspektif Syariah Islam”. Dalam Musyawa: Jurnal Studi Gender dan Islam. Vol. 1 No. 1 Maret. Hal. 57-87. Pratiwi, Restu. 1995. “Wanita pada Masa Tradisional Cina”. Dalam Pergulatan Mencari Jati Diri. Jakarta: Interfidei bersama Matakin. Rahmad, Jalaludin. 2003. Psychologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda-karya. Ratnawati, Siri Muti’ah Setyawati, dan Bambang Purwoko. 1999. “Profil Politisi Wanita di Daerah Istimewa Yogyakarta”. 1999. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Robbins, Stephen P. 2001. Organizational Behaviour. New Jersej: Prentice Hall International Inc. Rojab, Budi. 2002. “Pendidikan Sekolah dan Perubahan Perempuan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 23. Mei. Hal. 19-33. Sastriyani, Hariti. 2001. “Sosialisasi Pendidikan Berprespektif Gender”. Dalam Sumiyati As (ed.) Manusia dan Dinamika Budaya: Dari Kekerasan sampai Baratayuda. Yogyakarta: Fakultas Sastra UGM bekerja sama dengan Bigraf. Shihab, Quraish. 2003. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an. Volume 2: Surah Ali Imron, Surah An-Nisaa. Jakarta: Lentera Hati. Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. Sugiarti. 2003. Laporan Kegiatan “Waork Shorp Bahan Ajar yang Responsif Gender”. Malang: Lembaga Penelitian, Universitas Muhammadiyah Malang. Sugiarti, 2003a. Identifikasi Hasil Studi Bahan Ajar. Malang: Lembaga Penelitian, Universitas Muhammadiyah Malang. Supriyadi, Dedi. 2001. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adicita. Surono. 1996. “Pasangan Tokoh Pria dan Wanita dalam Novel Agung Sebelum Tahun 1950. Dalam Lembaran Sastra. No. 20. hal. 72-84. Suryadilaga, M. Al Fatih. 2002. “Syarat Poligami dalam Islam”. Dalam Musawa: Jurnal tudi Gender dan Islam. Vol. 1, No. 1, Maret. Hal 1 - 18. Tim Diknas. 2003. “Gender dan Pembangunan”. Materi Workshop Capacity Building Stakeholder Pendidikan, di Kusuma Sahid 2o-22 Oktober. Umar, Nasaruddin. 2001. Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Al Qur’an. Jakarta: Paramida. Walgito, Bimo. 2002. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta :Andi Widaningroem, Retno, Hery Saksono, dan Sri Kanoni. 1999. “Strategi Wanita dalam Mata Rantai Perdangan Hasil Perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Tilaar, H.A.R. 1999. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/474
dc.description.abstractThe study aims at describing the perception of the headmasters and policy makers about developing gender-equality-perspective models of teaching and learning material of Bahasa and Sastra Indonesia in junior high schools. The data-collecting methods are questionnaire, observation, and interview. The data-analyzing methods include quantitative and qualitative. The outcome of the study shows that the perception of the teachers and headmasters as the decision makers are mostly positive, implying that such kind of model is needed, innovative, suitable with the competency-based curriculum demand and government program, clear, simple, and easy to apply, and as a challenging model. The positive perception is also indicated by the agreement of the headmasters as well as the decision makers that the model is interesting and proper. The model may give ways of creating gender justice in the societyen_US
dc.subjectpersepien_US
dc.subjectmodel materi ajaren_US
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.subjectkesetaraan genderen_US
dc.titlePERSEPSI PENGAMBIL KEBIJAKAN DAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN MODEL MATERI AJAR DAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SLTP BERPERSPEKTIF KESETARAAN GENDERen_US
dc.title.alternativeTHE PERCEPTION OF POLICY MAKERS AND TEACHERS ABOUT DEVELOPING GENDER-EQUALITY-PERSPECTIVE MODELS OF BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TEACHING AND LEARNING MATERIAL IN SLTPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record