dc.identifier.citation | Alwasilah, A.Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat. Azlina, N.A. Nik. 2010. “CETLs: Supporting Collaborative Activities among Students and Teachers Through the Use of Think-Pair-Share Techniques”. Dalam IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 7, Issue 5, September 2010 halaman 18-29. Barkhuizen, Gary & Hacker, Penny. 2009. “A Collaborative Narrative Inquiry: Two Teacher Educators Learning about Narrative Inquiry”. Dalam Per Linguam 2009 25(1):1-16. Nasucha, Yacub, Muhammad Rohmadi, dan Agus Budi Wahyudi. 2011. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa. Pratiwi, Yuni, dkk. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka. Satrio, Affan B. 2010. Teknik Jitu Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Immortal Publisher. Soetomo, Istiati, dkk. 2003. Bahasa Indonesia Dasar Penulisan Ilmiah. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Suhartono. 2012.”Peningkatan Kompetensi Menulis Jurnal Ilmiah melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS”. Dalam http:// widyasaripress.com/index.php?option=com_content&view=article&id=66:menulisartikel-jurnal-ilmiah&catid=25:jurnal-januari-2012&Itemid=2. Diunduh 19 Oktober 2012 pukul 11:27.Suherli. 2007. Menulis Karangan Ilmiah Kajian dan Penuntun dalam Menyususn Karya Tulis Ilmiah. Depok: Arya Duta. Sukartiningsih, Wahyu. 2007. “Pembelajaran Konstruktivis untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa Program PGSD Unesa”. Dalam http://wacana.jurnal.unesa.ac.id/ 101_699/pembelajaran-konstruktivis-untuk-meningkatkan-kemampuan-menulisilmiah-mahasiswa-program-pgsd-unesa. Diunduh 19 Oktober 2012 pukul 11:27. Sumadi. 2003. “Organisasi Gagasan dalam Wacana Tulis Ilmiah Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang”. Dalam Jurnal Bahasa dan Seni. Volume 31, Nomor 2, Agustus 2003. Halaman 214-229. Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Wardani, I.G.A.K., dkk. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka. Yuwono, Agus. 2012. “Optimalisasi Web Internet sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Prodi PBSJ Semester VIII FBS UNNES”.Dalam http:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/ article/view/939. Diakses 19 Oktober 2012 pukul 11:27. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) menerapkan metode kolaboratif untuk
meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dan (2) meningkatkan
kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui metode kolaboratif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian berangkat dari
permasalahan riil yang dihadapi oleh pengajar dalam proses belajar-mengajar kemudian
direfleksikan alternatif pemecahan masalahnya dan ditindaklanjuti dengan tindakantindakan
nyata yang terencana
dan terukur.
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
jurusan
S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan UMS semester 1 tahun ajaran 2012/
2013
yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. Setelah tindakan demi
tindakan
dilakukan sesuai dengan prosedur
penelitian yang ada, dapat dikemukakan
hasilnya
bahwa dengan diterapkannya metode kolaborasi kemampuan menulis ilmiah
mahasiswa
meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif mereka
ketika mengikuti
perkuliahan
menulis ilmiah dan timbulnya kesadaran bahwa menulis adalah
keterampilan
yang sangat penting untuk dikuasai. Berdasarkan
hasil tes keterampilan
menulis
ilmiah diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 74, 43 dengan nilai tertinggi 97
dan
nilai terrendah
47. Rata-rata kelas nilai menulis ilmiah mahasiswa sebelum diberi
tindakan
adalah 53, 82 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah
25. Nilai rata-rata
kelas
sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan kenaikan yang signifikan sehingga
dapat
disimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa setelah diberi tindakan
dengan
metode kolaborasi meningkat. | en_US |