dc.identifier.citation | Akcay, Husamettin, dkk. 2006. “Effects- of Computer Based Learning on Students’ Attitudes and Achievements towards Analytical Chemistry”. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol 5 NO 1. Pg: 44-48 Anonim. 2010. “Pembelajaran Ekonomi SMA/SMK”. http://File.upi.edu/ Direktori/L%20%20NETI%20BUDIWATI/ FILOSOFI%20PEMBELAJARAN%20EKO NOMI%20SMA.pdf. Diakses pada tanggal 9 Februari 2011. Aqib, Z. dan Rohmanto, E. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung : Yrama Widya. Chaniago, Defria. 2009. “Materi Ajar”. Diambil dari http://id.shvoong.com/exact-sciences. Diakses pada tanggal 9 Februari 2011. Dewi. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas III di SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.” http://digilib.uimes.ac.id/ gsdl/collect/skripsi/archives/HASHO141.dir/doc.pdf. Diakses pada tanggal 9 Februari 2011. Franzoni, Ana Lidia dan Sai’d Assar. 2009. “Student Learning Styles Adaptation Method Based on Teaching Strategies and Electronic Media”. Journal of Educational Technology & Society. Vol 12 No 12. Pg: 15-29. lbrahim dan Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Keller, Joyce. 2007. “The Use of Multimedia Learning Tools to Facilitate Online Learning of Business Statistics”. Journal of Developments in Business Simulation and Experiential Learning. Volume 34. Pg: 51-56 Pitrik, Renate Motschnig and Andreas Holzinger. 2005. “Society Student-Centered Teaching Meets New Media: Concept and Case Study”. Journal of Educational Technology & Society. Vol 5 No 4. Pg: 160-172 Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. Spradley. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana Sugiyatri. 2009. “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Menengah Atas ( Studi Kasus tentang Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 12 Semarang ) Tahun Pelajaran 2004/2005”. http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/ HASH73a0.dir/doc.pdf. Diakses pada tanggal 9 Februari 2011. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. .- | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan materi, strategi instruksional, media, dan
interaksi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Desain
penelitian adalah etnografi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan urutan
kegiatan yang meliputi pengaturan data, proses penganalisisan, model analisis, analisis
dalam situs, dan penyusunan kesimpulan. Uji keabsahan data meliputi kepercayaan
dan kepastian. Materi-materi pelajaran ekonomi yang diajarkan di SMA N 1 Getasan
bersumber dari buku paket ekonomi, terbitan yudistira, LKS, dan referensi lainnya,
seperti internet. Strategi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan
tidak hanya memfokuskan penggunaan teknologi, tetapi dilakukan dengan prinsip siswa
aktif. Media pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan
sangat praktis karena berbentuk elektronik yang disajikan melalui LCD atau player.
Media yang digunakan dibuat oleh sendiri guru SMAN 1 Getasan, dengan software
macromedia flash. Pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan berjalan
interaktif. Interaksi berlangsung satu arah dan dua arah. Interaksi satu arah terjadi
ketika guru menyampaikan materi yang membutubkan pemahaman, dan siswa hanya
diminta untuk memperhatikan. Interaksi dua arah terlihat dan aktivitas guru dan siswa
dalam kegiatan tanya jawab, kegiatan kelompok belajar, dan diskusi. | en_US |