dc.description.abstract | Kurikulum yang berlaku di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan. Hal
ini disebabkan pendidikan berjalan dari masa ke masa yang sudah dapat dipastikan
perubahan sesuai dengan konteks zamannya. Salah satu yang menjadi sorotan dalam
perubahan kurikulum adalah materi Bahasa Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan
kurikulum terbaru untuk menggantikan kurikulum KTSP. Selanjutnya, muncul
pertanyaan, mengapa KTSP harus digantikan? Untuk itu, rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan KTSP materi Bahasa Indonesia di
SMP?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sementara itu, dalam penelitian ini
menggunakan studi kasus. Untuk itu, diambil satu contoh studi kasus di satu tempat,
yakni SMP Islam Al-Syukro Universal. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan
bahwa KTSP telah diterapkan di SMP Islam Al Syukro Universal, khususnya dalam
pengajaran materi Bahasa Indonesia. Penerapan ini dilihat dari KTSP, kemudian diterjemahkan
oleh guru dalam bentuk RPP,
dan diterapkan dalam praktik pengajarannya.
Hal-hal
yang diterapkan meliputi kesesuaian antara tujuan pembelajaran, materi yang
disampaikan,
metode yang digunakan, dan evaluasi yang dilakukan. | en_US |