Show simple item record

dc.contributor.authorNuryani
dc.date.accessioned2014-09-12T07:42:04Z
dc.date.available2014-09-12T07:42:04Z
dc.date.issued2012-08-02
dc.identifier.citationHamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara. “Implementasi KTSP” dalam Alin29’s.wordpress.com. 2013. Diunduh pada 21 Oktober 2013 KTSP SMP Islam Al Syukro Universal. Depdiknas. 2006. Kurikulum Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Sekretariat Negara RI. Undang-undang Republik Indonesia NO.20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretariat Negara RI.en_US
dc.identifier.issn14115190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4835
dc.description.abstractKurikulum yang berlaku di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan. Hal ini disebabkan pendidikan berjalan dari masa ke masa yang sudah dapat dipastikan perubahan sesuai dengan konteks zamannya. Salah satu yang menjadi sorotan dalam perubahan kurikulum adalah materi Bahasa Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru untuk menggantikan kurikulum KTSP. Selanjutnya, muncul pertanyaan, mengapa KTSP harus digantikan? Untuk itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan KTSP materi Bahasa Indonesia di SMP?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sementara itu, dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Untuk itu, diambil satu contoh studi kasus di satu tempat, yakni SMP Islam Al-Syukro Universal. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa KTSP telah diterapkan di SMP Islam Al Syukro Universal, khususnya dalam pengajaran materi Bahasa Indonesia. Penerapan ini dilihat dari KTSP, kemudian diterjemahkan oleh guru dalam bentuk RPP, dan diterapkan dalam praktik pengajarannya. Hal-hal yang diterapkan meliputi kesesuaian antara tujuan pembelajaran, materi yang disampaikan, metode yang digunakan, dan evaluasi yang dilakukan.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectKTSPen_US
dc.subjectMateri Bahasa Indonesiaen_US
dc.titlePenerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Materi Bahasa Indonesia di SMP Islam Al-Syukro Universalen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record