Pengelolaan TK-SD Satu Atap di SD Negeri Loano Purworejo
View/ Open
Date
2012-08-02Author
Widiartini
Sutama
Candraningrum, Dewi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan TK-SD satu atap di SD Negeri
Loano Purworejo. Strategi penelitian menggunakan etnografi. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi.
Analisis data menggunakan Analysis Interactive Keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) Pengelolaan kelembagaan, yaitu (a) menggunakan sistem manajemen terpadu, (b)
dalam bidang kurikulum mengintegrasikan kurikulum muatan lokal sehingga siswa
sudah terbiasa dengan Experiential Learning (belajar melalui pengalaman), (c) dalam
bidang peran serta masyarakat ada keterpaduan karena dikelola oleh satu pengurus
komite, dan (d) hubungan yang terjalin dalam kelembagaan adalah hubungan edukatif,
hubungan kultural, dan hubungan institusional. (2) Salah satu upaya memperberdayakan
guru guna meningkatkan pengelolaan SDM antara lain (a) mengikuti kegiatan di IGTK,
(b) mengikuti kegiatan di gugus TK, (c) mengikuti diklat di tingkat kabupaten, provinsi,
maupun nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dan IGTKI, (d) melaksanakan
atau membuat PTK, (e) kegiatan KKG, dan (f) kesempatan melanjutkan studi yang
lebih tinggi. (3) Pengelolaan sarana prasarana di TK-SD Satu Atap di SD Negeri Loano
di antaranya (a) pengelolaan sarana prasarana merupakan tanggung jawab bersama
antara Penanggung jawab TK dan Penanggung jawab SD di bawah koordinator Kepala
Sekolah, (b) Alokasi dana dalam pengelolaan sarana prasarana berasal dari APBS dan
dana BOS, komite, pemerintahan desa, sedangkan TK menggunakan dana hibah dari
pemerintah kabupaten, provinsi dan dari wali siswa, (c) pengelola sarana prasarana
memiliki tiga tugas penting, yaitu merencanakan, mengadakan, dan memelihara, dan
(4) kepala sekolah berperan memberikan pengawasan yaitu pengawasan intrernal dan
pengawasan eksternal.