dc.contributor.author | Sumiyati, Atik | |
dc.contributor.author | Sutama | |
dc.contributor.author | Suyatmini | |
dc.date.accessioned | 2014-09-12T07:56:58Z | |
dc.date.available | 2014-09-12T07:56:58Z | |
dc.date.issued | 2012-08-02 | |
dc.identifier.citation | Anonim. 2008. “Pelaksanaan Pembelajaran Tematik”. http://www.puslitiaknov.org/data/file/ 2008/makalah peserta/64 Hestv.% 20S. Diakses pada tanggal 1 Februari 2012. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Cornejo, Carlos M., Ivan Ruiz-Rube, dan Juan Manuel Dodero. 2011. “Design of Learning Activities to Access Web-based Thematic Dynamic Resources”Handal, Boris dan Janette Bobis. 2004. “Teaching Mathematics Thematically: Teachers’ Perspectives”. (Mathematics Education Research Journal 2004, Vol. 16, No. 1, 3-18) Lally dan Laat. 2002. Cracking the Code: Learning to Collaborate and Collaborating to Learning a Networked Environment, Liu, Ming-Chou and Jhen-Yu Wang. 2010. “Investigating Knowledge Integration in Webbased Thematic Learning Using Concept Mapping Assessment”.Educational Technology & Society, 13 (2), 25-39. Mantja. 2007. Etnografi; Desain Penelitian Kualitatif Guruan dan Manajemen Guruan. Malang: Elang Mas Miles, Mattew dan Micael Huberman. 2004. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia. Peraturan Pemerintah Rl no 19 Tahun 2005 tetang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Guruan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. | en_US |
dc.identifier.issn | 14115190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4838 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis
tematik di kelas I RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian adalah:(1) tahap perencanaan
dilakukan melalui kegiatan pemetaan kompetensi dasar. Kegiatan pemetaan ini
dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar
kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dari beberapa mata pelajaran yang
dipadukan. Kedua dilanjutkan dengan penentuan tema yang disesuaikan dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran yang akan
diajarkan.Tahapan selanjutnya adalah pembuatan jaringan tema yang berdasarkan
kompetensi dasar dan indikator dari mata pelajaran yang akan diajarkan.Tahapan
terakhir adalah penyusunan silabus dan RPP. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik
dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
(3) Evaluasi pembelajaran tematik di SDN Purworejo dilakukan sebanyak tiga kali,
yaitu di awal KBM, pada saat KBM, dan di akhir KBM. Kegiatan evaluasi dilakukan
dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi dalam bentuk tidak tertulis (evaluasi
normatif) dinilai dari sikap dan perbuatan siswa setelah mengikuti proses belajar
mengajar di kelas. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | pembelajaran tematik | en_US |
dc.subject | perencanaan | en_US |
dc.subject | pelaksanaan, dan evaluasi | en_US |
dc.title | Pengelolaan Pembelajaran Tematik di Kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 | en_US |
dc.type | Article | en_US |