Show simple item record

dc.contributor.authorSumirat, Putra Adi
dc.date.accessioned2014-09-22T08:46:58Z
dc.date.available2014-09-22T08:46:58Z
dc.date.issued2014-03
dc.identifier.citationAndroid Developer, 2013, Media Player http://developer.android.com/reference/a ndroid/media/MediaPlayer.html Diakses 1 Agustus 2013 pukul 13.05. Google Play, 2012, Gamelan DJ https://play.google.com/store/apps/detail s?id=com.KowplinkGDJ.game Diakses 28 Agustus 2013 pukul 15.15. Google Play, 2012, Gatoel (Gamelan Toetoel) https://play.google.com/store/apps/detail s?id=com.b201.gatul Diakses 28 Agustus pukul 15.30. Hariyanto, Bambang, 2007, Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java. Bandung: Informatika. Hartanti, Sri, 2007, Pemrograman GUISwing Java Dengan Netbeans 5 v.5. Yogyakarta: Andi. Haryono, Timbul, 2011, Gamelan Jawa – Sejarah dan Perkembangannya. http://clubbing.kapanlagi.com/threads/1 5400-GAMELAN-JAWA-Sejarah-danPerkembangannya. Diakses tanggal 14 April 2013 14.40. Kinanthi, 2012, Gamelan Jawa. http://nisyacin.blogdetik.com/gamelanjawa/. Diakses tanggal 8 September 2013 pukul 08.30. Kurniawanto, Andhika, 2011, Belajar Gamelan Jawa Menggunakan Platform iOS. Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya. Pew, John A, 1997, Instant Java. Yogyakarta: Andi. Plengdut, 2012, Sistem Nada. http://www.plengdut.com/2012/12/siste m-nada.html. Diakses tanggal 14 April 2013 pukul 14.35. Pratama, Widianto, 2011, Tutorial Android Programing, Part1: Pengenalan Android. http://www.widiandroid.com/. Diakses tanggal 14 April 2013 pukul 14.40. Purnama, Rangsang, 2007, Pemrograman GUI Menggunakan Java. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Sanchez, Julio, 2002, Java Tm 2 Weekend Crash Course Tm. Jakarta: Elex Media Komputindo. Utomo, Eko Priyo, 2012, From Mewbie To Advanced, Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta. Andi. Wijono, Matius Soesilo, 2007, Java 2 SE Dengan JBuilder. Yogyakarta: Andi. Yahya, Isa, 2008, Sistem Band Musik Digital Pada Portable PC Berbasiskan Web. Jurusan Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika, Institut Teknologi Bandung. Bandung.en_US
dc.identifier.issn1411-8890
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4864
dc.description.abstractGamelan Jawa merupakan suatu peninggalan kebudayaan Indonesia yang semakin tergeser oleh masukkya kebudayaan barat yang mempengaruhi cara bermusik masyarakat Indonesia. Maka dari itu perlu dibuat Gamelan Jawa dalam bentuk yang baru agar kesenian ini dapat dilestarikan dengan cara yang modern. Salah satunya adalah, dengan membuat aplikasi Gamelan Jawa pada perangkat smartphone berbasis android. Metode penelitian yang dilakukan pertama adalah merekam suara dan mengambil foto Gamelan, kemudian suara diolah dengan software Audacity untuk memotong setiap notasi Gamelan. Tahap selanjutnya adalah mendesain sistem dengan software Eclipse yang sudah terpasang ADT, kemudian sistem diuji dengan SDK. Dan untuk desain gambar Gamelan menggunakan software Adobe Potoshop serta untuk mengedit audio menggunakan software Audacity. Aplikasi Gamelan Jawa berbasis android ini memiliki tujuh pasang Gamelan laras slendro dan pelog, serta satu buah kendang siter. sistem dalam aplikasi ini dapat menghasilkan suara Gamelan yang diinginkan jika ikon pada aplikasi tersebut disentuh. Perangkat aplikasi ini juga dapat dimainkan dengan dua jari yang memungkinkan dua suara yang berbeda pada saat yang bersamaan.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectSistem Aplikasien_US
dc.subjectBerbasis Androiden_US
dc.subjectGamelan Jawaen_US
dc.titleAplikasi Alat Musik Gamelan Jawa pada Perangkat Androiden_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record