Show simple item record

dc.contributor.authorSatriardi
dc.date.accessioned2014-12-05T01:34:19Z
dc.date.available2014-12-05T01:34:19Z
dc.date.issued2014-11-25
dc.identifier.citationIrawan Handi, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002. J. Supranto, Metode Penelitian Sosial, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002 Santoso Singgaih, SPSS Versi 10, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002. Singarimbun Masri, Effendi Sofian, Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta, 1989. Tjiptono Fandy, Manajemen Jasa, Andi Yogyakarta, 1996. Tjiptono Fandy, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Andi Yogyakarta, 1997. Valarie A. Zeithaml, A. Parasuraman and Leonard L. Berry, Delivering Quality Service, The Free Press, New York, 1990. Vincent Gaspersz, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002. Walpole R.E dan Myers Raymond H, Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan, ITB, Bandung, 1986. William R. Dillon and Matthew Goldstein, Multivariate Analysis : Method and Applications, John Wiley & sons, New York, 1984.en_US
dc.identifier.issn2339-028X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5048
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan, mengetahui variabel-variabel apa saja yang perlu dipertahankan, ditingkatkan, diperbaiki, dihilangkan atau dievaluasi berdasarkan hubungan tingkat kepentingan dan kepuasan terhadap kualitas pelayanan perusahaan sehingga menghasilkan usulan perbaikan strategi pelayanan yang harus dilakukan PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Importance-Performance Matrix. Metode ini pengembangan dari metode Servqual yang dirumuskan oleh Leonard L. Berry, A. Parasurahman, dan Valerie A. Zeithaml (1985). Dalam metode ini, kualitas pelayanan jasa dikategorikan menjadi lima dimensi pokok yaitu: berwujud, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati Kuesioner disebarkan kepada 120 responden. Dari 120 responden hanya 108 kuesioner yang kembali dengan jawaban yang baik dan lengkap. Responden yang akan dijadikan sumber informasi adalah pelanggan rumah tangga yang menggunakan fasilitas administrasi, aduan pelanggan dan pembayaran rekening air di PDAM Tirta Siak Pekanbaru jalan Jenderal Sudirman. Tingkat kepuasan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kepuasan yang dirasakan terhadap pelayanan yang diberikan berada pada tingkat cukup puas dan untuk perbedaan lama pelanggan berlangganan di PDAM Tirta Siak Pekanbaru dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepuasan pelanggan menurut lama berlangganan. Untuk variabel-variabel pertanyaan yang harus dipertahankan adalah varibel yang berada di kuadran 2 (atribut untuk dipertahankan), yang harus ditingkatkan berada di kuadran 1(atribut untuk ditingkatkan), yang harus diperbaiki berada di kuadran 3 (atribut untuk diperbaiki), dan yang harus dihilangkan atau dievaluasi berada di kuadran 4 (atribut untuk dievaluasi). Perbaikan strategi pelayanan yang harus dilakukan yaitu melakukan penyeleksian terhadap perekrutan pegawai sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan, membuat sistem one room service, menambahkan sarana aduan pelanggan dalam bentuk kotak saran dan website, mengadakan pelatihan untuk setiap tingkat manajemen serta pelatihan etika dan kepribadian, menyediakan buku petunjuk mengenai pelayanan perusahaan dan lain sebagainya.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectImportance-performance matrixen_US
dc.subjectKepentinganen_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.subjectKepuasan pelangganen_US
dc.subjectServqualen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Importance-Performance Matrix sebagai Dasar Perbaikan Strategi Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaruen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record