• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) II 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) II 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Aplikasi Big Book Berbasis Multimedia dengan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Minat Baca Anak (Studi Kasus :KB Yudhistira)

    Thumbnail
    View/Open
    IF-5 Wahyu Pijianto UAD.pdf (243.0Kb)
    Date
    2014-11-25
    Author
    Sari, Anita Kumala
    Pujiyono, Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan bercerita dengan menggunakan media atau alat pendukung sebagai penyampaian cerita akan membantu pembentukan karakter anak. Media bercerita di Taman Kanak-kanak atau Kelompok Bermain masih bersifat klasikal, dengan membacakan buku cerita yang berupa big book (buku teks besar) fisik yang mempunyai karakteristik gambar yang berwarna-warni dan teks yang tercetak berukuran besar. Namun big book masih sulit ditemui untuk pengadaannya, sehingga pendidik dituntut untuk lebih kreatif dengan membuat big book sendiri. Namun dari hasil wawancara 70% pendidik menemui kesulitan dalam membuat big book, karena membutuhkan kreativitas, kesabaran dan membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Peran multimedia animasi sangat membantu dalam mengaplikasikan pembelajaran untuk anak. Dengan media audio visual animasi hasilnya akan lebih baik diterapkan pada anak usia dini.Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak. Diharapkan aplikasi ini akan memudahkan pendidik dalam menyampaikan pesan moral cerita dari big book fisik yang telah ada sebelumnya sehingga lebih efektif dan efisien dan untuk meningkatkan minat baca anak untuk pembaca awal. Metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, literature dan kuisoner. Sedangkan pengembangan aplikasinya menggunakan tahapan perancangan konsep, perancangan menu, perancangan diagram navigasi dan perancangan grafis. Untuk menentukan isi big book, melalui tahapan membangun ide, menentukan tema, mengembangkan karakter tokoh, membuat synopsis. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi telah memenuhi kelayakan dari sisi isi dan kemudahan pembuatan big book elektronik, serta dari hasil pengujian T-test terdapat peningkatan ratarata minat baca anak yaitu sebelum (pre-test) 2,27 dan sesudah (pos-test) 3,20 dan tercapainya tujuan dari pembuatan aplikasi yaitu untuk meningkatkan minat baca anak .
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5064
    Collections
    • Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) II 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV