dc.identifier.citation | Evans, D.C., Robertson, N., Lively, T., & Jacobson, L., Llamas-Cendon, M., Isaza, H., Rosenbalm, S., & Voigt, J, 2013, Facebook’s 8 Fundamental Hooks and 6 Basic User Types: A Psychographic Segmentation, David C. Evans Ph.D. internetworldstats, 2013, Internet World Statistics, www.internetworldstats.com socialbakers.com, 2013, Social Media Marketing, Statistics & Monitoring Tools, www.socialbakers.com APJII, 2013, Indonesia Internet Users, www.apjii.or.id Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, Hooi Den Huan, Sandra Liu, 2008, Rethinking Marketing: Sustainable Market-ing Enterprise in Asia, Prentice Hall International Philip Kotler, 2003, Marketing Management, Prentice Hall International Rhenal Khasali, 1998, Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning, Gramedia Pustaka Utama Moleong, Lexy J, 1988, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Karya | en_US |
dc.description.abstract | Perkembangan internet yang sangat pesat menciptakan peluang-peluang baru bagi dunia
usaha. Peluang-peluang yang muncul banyak yang tidak terbayangkan sebelumnya akan
menjadi bisnis yang menjanjikan. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang semakin banyak,
membuat pasar-pasar baru yang sebelumnya belum terbentuk. Media sosial seperti facebook,
twitter, linkedin, dll, merupakan fenomena baru dalam pemasaran melalui internet. Biaya yang
minimal, dengan dampak komunikasi yang luas dan cepat, membuat media sosial semakin
banyak diminati oleh para pengguna internet. Facebook adalah salah satu media sosial yang
diminati di Indonesia, terbukti dengan posisi Indonesia yang berada di urutan ke-4 pengguna
facebook terbanyak dunia. Dalam kacamata bisnis, facebook adalah media dan pasar yang
sangat menjanjikan. Tantangannya adalah pada pemilihan segmen yang tepat dan cara, serta
isi komunikasinya. UMKM memiliki peluang yang cukup besar untuk melakukan pemasaran
produk dan jasanya melalui facebook. Apalagi sebagian besar UMKM masih menganggap
biaya promosi adalah sesuatu yang tidak perlu dikeluarkan. Dengan menggunakan facebook,
UMKM akan sangat diuntungkan karena budget yang kecil atau gratis dan kecepatan
penyebaran informasi yang sangt cepat. Permasalahannya adalah pada metode segmentasi di
facebook yang masih perlu diteliti lebih mendalam dan disosialisasikan agar bisa dimanfaatkan
oleh UMKM lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode segmentasi di facebook
yang sesuai untuk UMKM dalam memasarkan produknya melalui internet. Penelitian akan
dilakukan pada UMKM yang berada di Kabupaten Jepara, dengan beberapa jenis produk dan
jasa yang dipasarkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat membantu UMKM yang
memasarkan produknya melalui internet, bisa memaksimalkan penggunaan media sosial
facebook untuk peningkatan nilai dan volume jual produk dan jasanya. | en_US |