dc.contributor.author | Handani, Herika Ambar Tri | |
dc.contributor.author | Prayitno, Harun Joko | |
dc.date.accessioned | 2015-02-05T03:18:48Z | |
dc.date.available | 2015-02-05T03:18:48Z | |
dc.date.issued | 2015-01-24 | |
dc.identifier.citation | Adiputra, Ida Bagus Ragita. “Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Buatan MGMPIPS Kabupaten Gianyar Kelas VII Semester 1 Tahun Pelajaran 20112012”. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1, Th. 2012. Dwipayani, Sri.2011. “Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Bahasa Indonesia Kelas X.D SMA N 1 terhadap Pencapaian Kompetensi”. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha. Iskandar, Akbar. 2012. “Cara Manual Analisis Validitas Butir Soal Bentuk Objektif dan Uraian”. Http: www.akbar-iskandar.blogspot.com. Diakses pada Tanggal 3 November 2014. Pukul 13.05 WIB. Nuratni, Ni Putu. 2011. “Analisis Butir-Butir Soal Ulangan Umum Bahasa Indonesia Kelas X SMAK Harapan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suwandi, Sarwiji. 2009. Modul Penilaian Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. | en_US |
dc.identifier.issn | 2407-9189 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5200 | |
dc.description.abstract | Studi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan validitas soal tengah semester genap
bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014, (2)
mendeskripsikan reliabilitas soal tengah semester genap bahasa Indonesia kelas VIII A SMP
Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014, dan (3) mengidentifikasi keterkaitan validitas
dan realibilitas soal tengah semester genap terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini
mengambil data di SMP Negeri 2 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif terkait dengan interpretasi validitas dan reliabilitas hasil UTS genap kelas VIII A
bahasa Indonesia dengan bantuan rumus statistik. Data penelitian berupa butir soal dan hasil
jawaban siswa. Adapun sumber data diperoleh dari dokumentasi naskah soal UTS, kunci
jawaban, 32 lembar jawab siswa, dan hasil kuesioner guru. Teknik analisis data menggunakan
metode kuantitatif yang dipadukan dengan model Miles and Huberman meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan validitas
dan realibilitas kemudian diinterpretasikan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama, hasil uji validitas butir dengan
perhitungan korelasi point biserial (rpbis) dan pearson product-moment dari 45 butir pilihan
ganda dan 5 butir uraian menunjukkan bahwa 25 butir soal tergolong valid dan 25 butir soal
tidak valid. Interpretasi hasil perhitungan validitas tersebut merujuk pada signifikansi 5%
sejumlah 32 siswa menghasilkan t-tabel sebesar 0,296. Kedua, hasil uji reliabilitas butir pilihan
ganda dan uraian dengan rumus KR 20 dan alpha cronbach diperoleh koefisien sebesar -0,117
dan -0,495. Interpretasi hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa butir soal UTS
tergolong tidak reliabel karena tidak memenuhi batas reliabel sebesar 0,6. Ketiga, ketercapaian
tujuan pembelajaran dikaitkan dengan perolehan jumlah butir valid pada soal pilihan ganda
diperoleh sebesar 51,1% dan pada soal uraian diperoleh sebesar 40%. Adapun persentase
ketercapaian tujuan pembelajaran juga dilakukan dengan cara penskoran jumlah jawaban benar
pada setiap butir soal dibagi jumlah siswa dikali dengan 100%. Hasil perhitungan persentase ini
menunjukkan bahwa berturut-turut 68,8% dan 100% pada soal pilihan ganda dan uraian dapat
dikatakan memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | validitas | en_US |
dc.subject | reliabilitas | en_US |
dc.subject | ketercapaian tujuan pembelajaran | en_US |
dc.title | Herika Ambar Tri Handani dan Harun Joko Prayitno | en_US |
dc.type | Article | en_US |