Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyawan, Yudha
dc.contributor.authorDamayanti, Alia
dc.contributor.authorSucahyo, Heru
dc.contributor.authorZiyad, Muhammad
dc.date.accessioned2015-03-30T03:40:30Z
dc.date.available2015-03-30T03:40:30Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.citationPujawan,I.N., et al., (2010). Supply Chain Management. Surabaya : Guna Widya. Anityasari, Maria., & Naning. (2011) Analisa Kelayakan Usaha Dilengkapi Kajian Manajemen Resiko. Surabaya: Guna Widya. BPS 2013. Badan Pusat Statistik. Pemerintah Kabupaten Malang. (2012). Kabupaten Malang Dalam Angka 2012. [Online] Available at: http://issu.com/kabmalang/docs/kmda_2012_edisi_2013 [Accessed 1 11 2014]. Peraturan Bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi RI dengan Menteri Dalam Negeri No. 03 Tahun 2012 dan No. 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah. Peraturan Gubenur Jawa Timur Nomor 84 Tahun 2011 tentang Kebijakan Strategis Pembangunan Daerah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2014. ASEAN, 2014. AEC. [Online] Available at: http://www.asean.org/communities/asean-economic-community [Accessed 1 11 2014]. Nugroho, B. P. (2012). Panduan Pengembangan Klaster Industri. Jakarta: Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). K. Konsanke & M. Zelm, 1999. CIMOSA modelling processes. pp. 141-153. Porter, M. E., 1998. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. 1 ed. New York: The Free Press.in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5487
dc.description.abstractASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan momentum untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi yang stabil, makmur, berdaya saing tinggi, dan secara ekonomi terintegrasi dengan regulasi efektif untuk perdagangan dan investasi, yang di dalamnya terdapat arus bebas lalu lintas barang, jasa, investasi, dan modal serta difasilitasinya kebebasan pergerakan pelaku usaha dan tenaga kerja. Diharapkan Indonesia mampu menjadi Negara pengekspor, dimana nilai ekspor Indonesia ke intra-ASEAN hanya 18-19% sedangkan ke luar ASEAN berkisar 80-82% dari total ekspornya. Berarti peluang untuk meningkatkan ekspor ke intra-ASEAN masih harus ditingkatkan agar laju peningkatan ekspor ke intra-ASEAN berimbang dengan laju peningkatan impor dari intraASEAN. Namun, jika hal ini tidak disikapi dengan benar maka terbukanya pasar dalam negeri dapat menjadi ancaman yang sangat besar bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik adalah Kabupaten Malang. Kabupaten Malang mengalami peningkatan sebesar 7,44%. Angka ini cukup mengesankan, dikarenakan pertumbuhan tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang hanya sebesar 7,22%. Peningkatan tersebut berasal dari industri-industri kreatif yang ada di Kabupaten Malang. Industri kreatif ini meliputi industri kerajinan anyaman dari rotan, kerajinan topeng malangan, dan kerajinan fesyen. Sektor industri ini mengalami peningkatan permintaan tiap tahunnya. Namun, UKM yang memproduksi kerajinan tersebut tidak mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Terkadang UKM memiliki kesulitan dalam memenuhi permintaan para konsumen dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan profit. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk merencanakan value chain, supply chain management, dan penentuan strategi yang baik pada industri kreatif di Kabupaten Malang demi meningkatkan nilai jual produk-produk tersebut. Dengan harapan nantinya akan menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar lokal maupun ASEAN, meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan pekerjaan, dan dapat mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Malang. Sehingga industri-industri kreatif di Kabupaten Malang dapat memberikan kontribusi besar pada peningkatan perekonomian Negara Indonesia.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectAEC 2015in_ID
dc.subjectCIMOSAin_ID
dc.subjectIndustri Kreatifin_ID
dc.subjectsupply chain managementin_ID
dc.subjectUKMin_ID
dc.subjectvalue chainin_ID
dc.titleIdentifikasi Kompetensi Inti Produk Unggulan Industri Kreatif di Kabupaten Malang Guna Meningkatan Daya Saing Produkin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record