• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Karakter Produk Sukses pada Produk Telepon Genggam Kelas High End

    Thumbnail
    View/Open
    16.Ary Permatadeny. N.pdf (192.5Kb)
    Date
    2014-12
    Author
    N, Ary Permatadeny.
    R., Lilia Pasca
    Istiqlaliyah, Hesti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Trend dan mobilitas manusia yang semakin tinggi menjadikan produk telepon genggam sebagai salah satu barang yang penting bagi sebagian orang, apalagi produsen handphone semakin kreatif merilis produk yang menawan dan fungsional dengan didukung layanan-layanan yang menarik. Hal ini yang menyebabkan penjualan telepon genggam terutama untuk kelas high end dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang signifikan.Jika dilihat dari data penjualan yang menyebutkan bahwa hingga pada kuartal kedua tahun 2013 penjualan handphone terutama smartphone mencapai 51,8% atau total sebanyak 225.326.200 unit. Analisis kesuksesan dilakukan dengan mendefinisikan produk telepon genggam kelas high end terlebih dahulu. Karakteristik kesuksesan produk dianalisis berdasarkan kondisi atribut aktual produk, persepsi konsumen dan faktor pendukung persaingan lainnya serta analisis preferensi konsumen untuk mengetahui preferensi konsumen tentang prioritas atribut yang paling diperhitungkan dalam memilih telepon genggam. Metode yang digunakan adalah penyebaran kuisioner dengan teknik Analytic Hierarchy Process (AHP). Data hasil analisis tersebut kemudian dipetakan pada kanvas strategi untuk mengetahui kondisi persaingan yang terjadi. Penentuan produk sukses ini didasarkan pada indikator market share dan jumlah pendapatan dengan mengelompokan produk kedalam kelas-kelas harga yang telah ditentukan. Berdasarkan evaluasi, produk yang paling sukses adalah Samsung Galaxy S4 dengan penyebab kesuksesan: memiliki performa yang bagus, didesain secara ergonomis dengan pilihan warna yang bervariasi, memiliki fleksibilitas yang tinggi, portabilitas yang tinggi, serta memiliki nilai brand yang tinggi. Diharapkan dari penelitian ini dapat memberikan informasi situasi terkini pasar telepon genggam sehingga memungkinan pengembangan produk sesuai keinginan pasar serta mengetahui preferensi keinginan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk telepon genggam.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5493
    Collections
    • Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV