Show simple item record

dc.contributor.authorKarana
dc.contributor.authorHaikal
dc.contributor.authorRahim
dc.contributor.authorAbdul
dc.contributor.authorSafri
dc.contributor.authorMuhammad
dc.date.accessioned2015-03-30T06:45:25Z
dc.date.available2015-03-30T06:45:25Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.citationArdiyanto, Bagus. 2013.“ Analisis Bantuan Kredit Dari Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Pkbl) Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Di Kota Semarang”. Semarang hal. 1-59 : Universitas Diponegoro. Bambang, Riyanto, 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta. Baridwan, Zaki. 2004. IntermediateAccounting. Edisi Delapan. BPFE: Yogyakarta. Hadjimonalis, Anthanasios (2000), An Investig ion of Innovation Atecendent in Small Firms in the Contex of A Small Developing Country, Journal of R&D Management, 30, 3, pp. 235-245 Hadjimonalis, Anthanasios., Keith Dickson (2000), Innovation Strategies of SMEsin Cyprus, A Small Developing Country, International Small Business journal. 18,4, pp. 62-79 Hansen, Don R dan Maryane M Mowen. 2006. Akuntansi Manajemen. Jilid 1. Salemba Empat: Jakarta. Maryani, Dian. 2010. “Analisis Perencanaan Pajak Melalui Metode Penyusutan dan Revaluasi Aset Tetap untuk Meminimalkan Beban Pajak PT. Gembala Sriwijaya”. hal. 3: STIE MDP. Miles, P Morgan., Covin G jefferey., Heeley b Michael (2000), The Relationship Between Environmental Dynamism and Small Firm structure, strategy, and Performance. Journal of Marketing theory and Practice. Pp. 63-74 Mulyadi, Drs. 1999. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE - Yogyakarta. Olson. D. Philip, Donald W. Bokor (1995) Strategy Process-Content interaction : Effect On Growth Performance In Small Firm. Journal of small Business Management, pp. 34-44 Pelham, M. Alfred, David T. Wilson (1996), A Longitudinal Study of The Impact of Market Structure, Firm Structure, Strategy, and Market Orientation Culture on Dimenntions of Small Firms Performance, Journal of Academy of Marketing Science. 24, 1, pp. 27-43 Peraturan Menteri Keuangan No.18/PMK.010/2012 tentang Perusahaan Modal Ventura Rayburn, Letricia Gayle. 1999. Akuntansi Biaya dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya. Edisi Keenam. Jilid Satu. Terjemahan Sugyarto, Jakarta: Erlangga. Soleh, Muhammad, dkk. 2008. “Analisis Strategi Inovasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus: UKM Manufaktur di Kota Semarang)”. Semarang hal. 25-36 : Universitas Diponegoro. Undang-Undang No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5499
dc.description.abstractUsaha mikro, kecil dan menengah telah berhasil menyelamatkan wajah perekenomian Indonesia melalui peran yang signifikan terutama ketika perekonomian Indonesia menghadapi tekanan krisis yang hebat. Usaha mikro, kecil dan menengah telah berkembang menjadi salah satu sektor dalam perekonomian Indonesia yang mampu menyerap tenaga kerja formal maupun informal. Fakta ini menjadi alasan penting bagi semua pihak yang terkait untuk berkoordinasi dalam kegiatan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Sejauh ini pihak yang terkait seperti pemerintah, universitas, swasta dan perbankan telah menjalankan kegiatan dukungan terhadap sektor ekonomi tanpa adanya kerjasama dan koordinasi. Hal ini menyebabkan dukungan bersifat parsial sesuai dengan keinginan pihak yang membantu. Ditambah dengan sejauh ini tidak banyak ditemukan penelitian yang ditujukan untuk melihat apakah bantuan yang diberikan menghasilkan manfaat bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Manfaat utama yang ingin dicapai tentu saja keberlanjutan usaha. Ada tiga dimensi utama yang perlu diperhatikan dalam menjamin keberlanjutan yaitu dimensi ekonomi, dimensi sosial dan dimensi lingkungan. Mengingat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang didominasi oleh masyarakat yang berasal dari golongan menengah kebawah, dimensi ekonomi menjadi yang terpenting dalam menjamin keberlanjutan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dimensi ekonomi dari usaha mikro, kecil dan menengah sehingga dapat menjadi sumber informasi berbagai pihak untuk memprediksi sejauh mana kemampuan usaha mikro, kecil dan menengah dalam mempertahankan keberlanjutan usahanya. Dimensi ekonomi yang dimaksud adalah mengidentifikasi struktur modal, biaya dan tingkat pendapatan usaha mikro, kecil dan menengah. Penelitian ini berhadapan dengan kondisi usaha mikro, kecil dan menengah yang tidak menguasai pengetahuan perhitungan harga pokok produksi dan laba rugi. Ditambah dengan tidak adanya pencatatan transaksi keuangan yang menyebabkan keuangan usaha bercampur dengan keuangan keluarga atau pribadi. Hal ini diatasi dengan membuat perhitungan harga pokok produksi dan laba rugi dengan pendekatan penilaian berdasarkan harga pasar saat penelitian dilaksanakan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectStruktur Biayain_ID
dc.subjectharga pokok produksiin_ID
dc.subjectlaba rugiin_ID
dc.subjectkeberlanjutan usaha.in_ID
dc.titleAnalisa Struktur Biaya dan Tingkat Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus di Kotamadya Tanjung Balai)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record