Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan mengeksplorasi fenomena proses pencapaian
kemampuan literasi dasar pada anak prasekolah dan menganalisis secara kontekstual
bagaimana faktor-faktor penting dalam keluarga (penggunaan multimedia, rutinitas
keluarga, dan keyakinan orangtua serta aktivitas literasi orangtua-anak) mendukung
proses tersebut. Dengan eksplorasi ini maka target khusus yang ingin dicapai adalah
diperoleh data deskriptif dari proses pencapaian kemampuan literasi dasar. Data
deskriptif diperlukan untuk memotret pola/cara bagaimana keluarga Indonesia
merangsang kemampuan literasi dasar anak. Teknik pengumpulan data yang dipilih
adalah observasi terhadap anak dan wawancara terhadap orangtua dengan total
informan 15 (5 ayah, 5 ibu, 5 anak). Tahapan penelitian mencakup a) pengambilan
data observasi dan wawancara, b) mengorganisasikan data untuk dianalisis, c)
mengkategorikan tema, d) mengaitkan antar tema, e) menginterpretasikan tema dan
saling keterkaitannya. Penelitian ini menghasilkan tema-tema dari lapangan yang akan
dijadikan sebagai indikator-indikator alat ukur dari 5 variabel: kemampuan literasi
dasar, penggunaan multimedia, rutinitas keluarga, dan keyakinan orangtua serta
aktivitas literasi orangtua-anak. Kemudian indikator-indikator variabel ini telah dbuat
menjadi alat ukur/instrument pengukuran dan telah diujicobakan sehingga
menghasilkan alat ukur yang valid dan reliabel dari 5 variabel.