Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penentuan karir pada lulusan Sekolah Menengah Pertama yang menjadi suatu momen yang
penting bagi kehidupan individu ini, membuat beberapa siswa mencari bantuan untuk
menentukannya baik melalui pihak sekolah maupun institusi lainnya. Namun pada
kenyataannya banyak siswa SMP yang masih mengalami kesulitan untuk menentukan minat
karir mereka. Saat ini belum banyak alat ukur psikologis yang dapat digunakan untuk
melakukan pengukuran untuk dapat membantu siswa secara optimal. Muncul kebutuhan akan
alat ukur praktis yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu bagi para guru BP dan konsultan
pendidikan untuk dapat memberikan konseling awal yang tepat bagi para siswanya. Tujuan
penelitian ini adalah menghasilkan intrumen minat vokasional berbasis tipologi Holland
untuk membantu eksplorasi karir siswa SMP, menghasilkan validasi dari intrumen minat
vokasional berbasis tipologi Holland untuk membantu eksplorasi karir siswa SMP. Metode
Penelitian yang digunakan da;am penelitian ini adalah metode pengembangan intrumen
psikologi. Sedangkan subyek yang dilibatkan adalah semua siswa kelas IX di Sekolah
Menengah Pertama di kota Surakarta. Pemeilihan subyek penelitian ini sebagai titik awal atau
pilot project untuk melakukan pengujian terhadap instrument yang dihasilkan. Setelah
diperoleh validitas dan reliabilitas dengan menggunkan pendekatan structural equation
modeling (SEM) maka akan diperoleh kompilasi intrumen akhir yang dapat dijadikan sebagai
instrument stnadar dalam penetapan pendidikan lanjutan para siswa SMP. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa teori Holland dengan enam aspek RIASEC nya terbukti secara empiris
dapat digunakan untuk mengembangkan alat ukur minat vokasional yang digunakan untuk
membantu eksplorasi karis siswa SMP