Show simple item record

dc.contributor.authorAndayani, Tri
dc.date.accessioned2015-04-09T03:53:43Z
dc.date.available2015-04-09T03:53:43Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.citationAsul Wiyanto, 2005. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. Burhan Nurgiantoro. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : BPFT. Burhan Nurgiantoro. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Ismail Marahimin. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Muslim Nurdin, dkk. 1995. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta. Rahmanto. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Suminto A. Sayuti. 1997. Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Depdikbud. Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta : Tiara Wacana. Zulfanur, dkk. 1997. Apresiasi Puisi. Jakarta: Depdikbud.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.004.4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5597
dc.description.abstractAkhlak merupakan sikap manuasia yang tertuju kepada diri sendiri, masyarakat, lingkungan, dan kepada Tuhan. Definisi akhlak bangsa adalah sistem nilai yang mengatur pola sikap dan tindakan bangsa Indonesia di atas bumi ini selaku diri sendiri, masyarakat, dan terutama kepada Tuhan Sang Pencipta. Beberapa fenomena telah menggejala terjadi kegeseran akhlak bangsa beberapa derajad. Oleh sebab itu, dapat diantisipasi sedini mungkin untuk pelurusan akhlak bangsa di masa-masa mendatang melalui pembelajaran apresiasi sastra khususnya materi puisi di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Perekonstruksian akhlak bangsa belum terlambat dan menjadi tugas semua elemen bangsa. Aparat penegak hukum, dosen, guru agama, guru bahasa dan sastra Indonesia bertanggung jawab untuk merekonstruksi akhlak bangsa. Bagaimana cara dosen dan guru bahasa Indonesia meronstruksi akhlak bangsa? Secara informal melalui keteladadnan perilaku. Secara formal melalui kajian materi yaitu materi pembelajaran sastra Indonesia. Dengan pembelajaran sastra, mahasiswa atau siswa dapat mengambil hikmah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam karya sasta yang dipelajari.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpembelajaran apresiasi sastrain_ID
dc.subjectakhlak bangsain_ID
dc.subjectPerekonstruksianin_ID
dc.titlePerekonstruksian Akhlak Bangsa Melalui Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record