dc.contributor.author | Andayani, Tri | |
dc.date.accessioned | 2015-04-09T03:53:43Z | |
dc.date.available | 2015-04-09T03:53:43Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.citation | Asul Wiyanto, 2005. Kesusastraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. Burhan Nurgiantoro. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : BPFT. Burhan Nurgiantoro. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. Ismail Marahimin. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Muslim Nurdin, dkk. 1995. Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta. Rahmanto. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius. Suminto A. Sayuti. 1997. Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Depdikbud. Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta : Tiara Wacana. Zulfanur, dkk. 1997. Apresiasi Puisi. Jakarta: Depdikbud. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.004.4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5597 | |
dc.description.abstract | Akhlak merupakan sikap manuasia yang tertuju kepada diri sendiri, masyarakat, lingkungan, dan kepada Tuhan. Definisi akhlak bangsa adalah sistem nilai yang mengatur pola sikap dan tindakan bangsa Indonesia di atas bumi ini selaku diri sendiri, masyarakat, dan terutama kepada Tuhan Sang Pencipta. Beberapa fenomena telah menggejala terjadi kegeseran akhlak bangsa beberapa derajad. Oleh sebab itu, dapat diantisipasi sedini mungkin untuk pelurusan akhlak bangsa di masa-masa mendatang melalui pembelajaran apresiasi sastra khususnya materi puisi di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Perekonstruksian akhlak bangsa belum terlambat dan menjadi tugas semua elemen bangsa. Aparat penegak hukum, dosen, guru agama, guru bahasa dan sastra Indonesia bertanggung jawab untuk merekonstruksi akhlak bangsa. Bagaimana cara dosen dan guru bahasa Indonesia meronstruksi akhlak bangsa? Secara informal melalui keteladadnan perilaku. Secara formal melalui kajian materi yaitu materi pembelajaran sastra Indonesia. Dengan pembelajaran sastra, mahasiswa atau siswa dapat mengambil hikmah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam karya sasta yang dipelajari. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | pembelajaran apresiasi sastra | in_ID |
dc.subject | akhlak bangsa | in_ID |
dc.subject | Perekonstruksian | in_ID |
dc.title | Perekonstruksian Akhlak Bangsa Melalui Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |