Model Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama Melalui Apresiasi Biografi Tokoh
Abstract
Penelitian ini secara keseluruhan direncanakan dalam waktu tiga tahun berturut-turut. Tahun
pertama dilaksanakan tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian tahun II yang meneliti tentang
persepsi guru terhadap pendidikan toleransi kehidupan beragama dan model penanamannya.
Adapun rincian rumusan masalahnya dijabarkan sebagai berikut.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data-data yang diperlukan berupa informasi
tentang persepsi guru tentang toleransi kehidupan Bergama dan radikalisme, penanaman nilai-nilai
toleransi, tindakan intoleransi, model pendidikan toleransi kehidupan beragama, dan pemanfaatana
biografi tokoh dalam pendidikan toleransi. Data-data tersebut digali dengan wawancara dan angket.
Subjek penelitian ini adalah guru SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, guru SMAN 3 Surakarta, dan
guru MA Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo. Teknik validasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi
data dan diskusi dengan teman sejawat. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif yaitu teknik
analisis data yang terdiri tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan/verifikasi yang terjadi secara bersamaan dan bersiklus.
Hasil penelitian yang sudah didapat dari penelitian ini sebagai berikut.