Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika
dengan model pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa yang valid dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah meliputi: (1) Silabus, (2)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (3) Buku Siswa, (4) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (5) Tes
Kemampuan Penalaran Matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada jenis
pengembangan model 4-D (Four D Model) yang telah dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel
yang dimodifikasi menjadi tiga tahap. Ketiga tahap tersebut antara lain: tahap pendefinisian
(define),perancangan (design), pengembangan (develop,). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Pada proses pengembangan dihasilakan
perangkat pembelajaran yang valid menurut ahli. Hasil validasi Silabus 3,39, RPP 3,40, buku siswa 3,58,
LKS 3,68, dan tes kemampuan penalaran matematis 3,85. Sehingga nilai validasi termasuk dalam kategori
valid. Di samping itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif. Hal ini dapat ditunjukkan
bahwa : (1) kemampuan penalaran matematis siswa mencapai ketuntasan.Rata-rata kemampuan penalaran
matematis siswa sebesar 80,95 (2) terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematis antara kelas
eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen 80,95 lebih
baik dari rata-rata nilai tes kemampuan penalaran matematis kelas kontrol 64,38.