Penerapan Metode Rough Set Theory pada Laka Lantas Sepeda Motor di Kota Magelang Tahun 2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola decision rules yang tersembunyi dalam
data laka lantas sepeda motor di Kota Magelang tahun 2014. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Rough Set Theory. Metode Rough Set Theory adalah suatu
pendekatan matematis baru untuk menganalisa pola data yang bersifat samar atau tak pasti
(Pawlak, 2002). Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa karakteristik, kecenderungan dan
decision rules dari kejadian laka lantas sepeda motor di Kota Magelang pada tahun 2014. Salah
satu Decision Rules yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah untuk lakalantas sepeda motor
hingga menimbulkan korban meninggal dunia terjadi ketika lakalantas di waktu sore hari, cuacanya
cerah, kondisi kepadatan lalu lintas jalan raya yang padat, dan pengendara tidak konsentrasi dalam
mengendarai kendaraannya. Decision rules yang dihasilkan memiliki tingkat keakuratan hingga
sebesar 90.9%. Nantinya, makalah ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi atau acuan
instansi terkait dalam pengambilan kebijakan untuk menekan tingkat laka lantas sepeda motor
yang terjadi di Kota Magelang.