• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisa Pengaruh Nilai Intangible terhadap Fungsionalitas Produk

    Thumbnail
    View/Open
    IENACO 06 – V. Reza Bayu Kurniawan, Subagyo.pdf (525.6Kb)
    Date
    2015-03
    Author
    Kurniawan, V. Reza Bayu
    Subagyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Faktor intangible (faktor tak terukur) merupakan hal yang harus diperhatikan saat ini.Pengaruh faktor intangible terus meningkat pada proses penciptaan nilai dalam berbagai entitas organisasi, salah satunya institusi bisnis. Pentingnya pertimbangan untuk mengetahui pengaruh nilai intangible suatu produk menjadi tantangan suatu perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai intangible pada berbagai kategori fungsionalitas produk.Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memproduksi produk belanja dan produk khusus (shopping-specialty products). Pendekatan yang digunakan untuk menghitung nilai intangible adalah cost-based pricing.Dari 20 produk usaha yang dijadikan objek pada penelitian ini, dihasilkan range nilai intangible yang berkisar dari 6% hingga 224% (harga aktual terhadap harga layak) dengan profit margin hingga mencapai 248% dari biaya produksi (total production cost). Usaha dengan nilai intangible yang kecil berarti adalah usaha dengan selisih harga aktual, harga layak dan total production cost yang sangat kecil, sedangkan usaha dengan nilai intangible yang besar berarti bahwa dengan total production cost yang dihasilkan dan presentase harga layak yang seharusnya ditawarkan ke konsumen, perusahaan dapat menawarkan produknya dengan presentase margin yang sangat besar. Dapat disimpulkan bahwa kategori fungsionalitas produk memiliki proporsi nilai intangible yang berbeda.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5744
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV