Show simple item record

dc.contributor.authorPranoto, Hadi
dc.contributor.authorNurato
dc.date.accessioned2015-04-21T08:56:40Z
dc.date.available2015-04-21T08:56:40Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationSalim, H.A. Abbas. 2012. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada J.J.M Hagendoorm, 1992, Konstruksi Mesin 2, Jakarta, PT Rosda Jayaputra Warsowiwoho B.M.E., dan Harahap, Gandhi. 1982. Bahan Bakar Pelumas Pelumasan Servis. Jakarta: Pradnya Paramitain_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5780
dc.description.abstractPada sebuah perusahaan transportasi bus dan truk di lakukan penelitian terkait program perawatan yang selama ini dilakukan, di ketahui bahwa perawatan yang di lakukan saat ini tidak berdasarkan perencanaan yang matang, dan tidak adanya manajemen perawatan yang standar, sehingga pelaksanaan perawatan hanya sebatas penggantian oli yang berdampak pada tingginya angka MTTR, tingginya angka accident, serta kecilnya prosentasi MA (machine avalibility) armada yang di miliki, sesuai dengan data awal bahwa MTBF terjadi 239,3 kali dalam 4 bulan terakhir dan MTTR 219,4 kali dalam 4 bulan, frekuwensi kejadian accident yang terjadi 708 kali dalam 4 bulan terakhir, dan prosentasi MA (Machine availibility) adalah 47% , UA 22%, PA 60%. Saat ini transportasi darat khususnya kategori bus dan truk yang ada di Indonesia tidak banyak yang memiliki sistim maintenance yang baku, karena banyak transportasi di Indonesia di jalankan dengan cara tradisional dan hal lain yang menjadi penyebab adalah karena ritme atau kondisi operasional dan medan operasi yang sangat dinamis,dengan menerapkan pola maintenance managementsystem (MaMs) transportasi bus dan truk yang bebasis teknik perawatan prediktif akan mendapatkan hasil yang memuaskan serta mendapatkan data yang akurat, penerapan teknik prediktif maintenance memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap produktifitas baik terhadap bus dan truk maupun perkerjanya,sesuai dengan data hasil pencapaian bahwa penurunan angka MTBF menjadi 47 kali dalam 4 bulan terakhir dan MTTR 134,4 kali dalam waktu 4 bulan terakhir, penurunan angka accident/kecelakaan 164 kali dalam 4 bulan terkahir, dan prosentasi kenaikan MA (Machine Availibility) adalah 75% ,UA 47%, PA 83%. Dengan hasil yang memuaskan tersebut, penerapan maintenance managementsystem (MaMs)sangat di perlukan pada dunia transportasi darat khususnya bus dan truk agar bisnis dalam bidang transportasi mampu bersaing dalam menyongsong masarakat Asean yang sudah di depan mata.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectMaMs (maiantenance management system)in_ID
dc.subjectmaintenancein_ID
dc.subjectsafetyin_ID
dc.titlePenerapan Maintenance Management System dan Teknik Perawatan Prediktif pada Transportasi Bus dan Trukin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record