Kesalahan Siswa dalam Memilah Data Relevan pada Soal Matematika Berbasis Konteks
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan
siswa dalam mengerjakan soal berbasis konteks (context-based tasks).
Penelitian dilaksanakan di sembilan SMP di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta dimana sebanyak 544 siswa berpartisipasi dalam CoMTI tes. Soal
yang digunakan untuk CoMTI tes diambil dari soal Programme for
International Student Asssessment (PISA). Jenis penelitian adalah kualitatif,
yaitu dengan menggunakan analisis kesalahan (error analysis). Secara umum
ditemukan empat kategori kesalahan siswa, yaitu kesalahan pemahaman
(comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error),
kesalahan matematis (mathematical processing error), dan kesalahan tafsir
(encoding error). Artikel ini fokus pada kesalahan pemahaman, khususnya
kesalahan siswa dalam memilah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
siswa cenderung: (1) menggunakan semua data yang tersedia di soal tanpa
melinat relevansinya dengan pertanyaan, (2) mengalami kesulitan dalam
menghubungkan data lintas representasi atau sumber, dan (3) mengalami
kesulitan untuk estimasi data yang tidak tersedia di soal. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memilah data perlu
ditingkatkan.