Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015
View/ Open
Date
2015-03-07Author
Handika, Rizky Nugrah
Sumardi
Kholid, Muhammad Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Project Based
Learningdan Discovery Learningterhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat
kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi model pembelajaran
dan tingkat kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok
program linear. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain
faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian
kesehatan dan kelas X bidang studi keahlian bisnis manajemen SMK Muhammdiyah
Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015 yang seluruhnya berjumlah 112 siswa.. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa, dan kelas kontrol yang
berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster
random.Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket, dan
metode tes.Data yang digunakan adalah data nilai UAS Semester Gasal sebagai data
kemampuan awal, tes prestasibelajar matematika materi pokok program linear, dan angket
tingkat kedisiplinan siswa. Uji coba instrumen meliputi validasi isi, konsistensi internal butir,
dan reliabilitas. Uji keseimbangan data awal menggunakan uji t. Uji prasyarat meliputi uji
normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartllet.Teknik analisis
data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian
hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran
terhadap prestasi belajar matematika , (2) terdapat pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran (Project Based Learningdan Discovery Learning) dan tingkat kedisiplinan siswa
terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok program linear.