• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Caffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    407_422 SUGIYANTI.pdf (258.4Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Sugiyanti
    Utami, Rizky Esti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    enelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII D SMP N 15 Semarang melalui pembelajaran berbantuan Scaffolding. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa siswa kelas VIII D semester I SMP Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berada pada level cukup kreatif sebanyak 20 siswa, 4 siswa berada pada level kreatif, 8 siswa lainnya berada pada level kurang kreatif; pembelajaran matematika berbasis scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 15 Semarang. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan klasikal siswa yang semula pada siklus I mencapai 75% (24 siswa tuntas) menjadi 100% pada siklus II (32 siswa tuntas). Pembelajaran matematika berbasis scaffolding dapat meningkatkan aktivitas keaktifan siswa kelas VIII D SMP N 15 Semarang. Hal ini dapat dilihat pada persentase aktivitas siswa yang semula pada siklus I mencapai 66,41% menjadi 86,33% pada siklus II dan kemampuan guru dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat pada persentase kemampuan guru dalam pembelajaran matematika yang semula pada siklus I mencapai 85% menjadi 95% pada siklus II.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5830
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV