Show simple item record

dc.contributor.authorSufanti, Main
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.contributor.authorRahmawati, Fitri Puji
dc.date.accessioned2015-05-07T04:09:40Z
dc.date.available2015-05-07T04:09:40Z
dc.date.issued2013-12
dc.identifier.citationAlwi, Hasan, et al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. __________. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press. Arif, Syaiful. 2010. Deradikalisasi Islam, Paradigma dan Strategi Islam Kultural. Depok: Koekoesan bekerjasama dengan British Council. Azkar. M. 2012. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kerukunan Umat Beragama Arofah, Lailatul. 2010. “Pola Pendidikan Islam dalam mewujudkan Kerukunan Hidup antar Umat Beragama di Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Tahun 2009.” http://perpus.stainsalatiga.ac.id/seg.php?a=detil&id=246. Diakses 14 April 2013 pukul 4.53 WIB. Bisri, A Zaini. 2013. “Legitimasi Kekerasan atas Nama Agama” dalam Suara Merdeka, 28 Juli 2013. Santoso, Dwiyanto Budi. 2007. “Pelaksanaan Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Kaitannya dengan Pasal 22 Huruf A Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Endah Susanti, Dian. 2012. “Model Pembelajaran Toleransi Antar Umat Beragama dalam PKN di SMA Selamat Pagi Indonesia Kecamatan Bumiaji Kota Batu.” Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/19603Diakses 14 April 2013 jam 5.22 WIB Endang, Busri. 2013. “Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Fatullah, Amal. 2008. “Pendidikan Islam tentang Kerukunan Umat Beragama Hakim, L. 2004. Terorisme di Indonesia. Surakarta: Forum Studi Islam Surakarta. Halim, Abdillah. 2010. Telaah Politik Hukum dan Kebebasan Beragama terhadap UU No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan, Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama”. Tesis. UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/6949. Diaksis 14 April 2013. Jam 2.57 WIB. Hamidi. 2005. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis, Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Helim, Abdul; Abu Bakar; Normuslim; dan Ajahari. 2009. “Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah”. STAIN Palangka Raya. http://www.abdulhelim.com/2012/05/kerukunan-dan-kerawanan-sosialantar.html. Diakses 14 April 2013. Imron, A. 2000. Budaya Kekerasan dalam Konflik Antaretnis dan Agama: Perspektif Religius-Kultural. Jurnal Akademika, No. 01 Tahun XIX/2000. Surakarta: MUP. Kartika Sari, Putri. 2008. Pela Imarah, Muhammad. 1999. Fundamentalisme dalam Perspektif Pemikiran Barat Dan Islam. Terjemahan Abdul Hayyie al-Kattani, Gema Insani Press, Jakarta. Kemendikbud. 2013a. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Dasar ___________. 2013b. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama __________. 2013c. Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas Listia, et al. 2007. Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Yogyakarta: Interfidei. Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2011. Model pendidikan Toleransi kehidupan beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Masngud. 2010. Pendidikan Multikultural: Pemikiran dan Upaya Implementasinya, Yogyakarta: Idea Pres. Miles. Matthew B. Dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang metode-Metode Baru Muliadi, Erlan. 2012. “Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah” dalam Jurnal Pendidikan Islam,vol. I, No.1, Juni 2012. Musrih, Khaerudin. 2010. “Pola Komunikasi Pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama Puskur Balitbang Kemendikbud. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT. Nimas Multima. Samino. 2013. Kepemimpinan Pendidikan. Sukoharjo: Fairuz Media. Syaefudin, A.F. 2006. “Membumikan Multikulturalisme di Indonesia”.Jurnal Antropologi Sosial Budaya-Etnovisi, Vol.II, No. 1 April 2006. Medan: Universitas Sumatera Utara. Syafruddin; Nor Ipansyah; Ahmad Rijali. 2010. “Kerukunan Hidup Beragama di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan”. IAIN Antasari. http://puslit.iain-antasari.ac.id/kerukunan-hidup-beragama-dikecamatan-halong-kabupaten-balangan/. Diakses 14 April 2013 ja, 5.17 WIB. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. 2011. Metode Penelitian pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta. Suryana, Toto. 2011. “Konsep dan Aktualisasi Kerukunan antarumat Beragama” dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta'lim, vol. 9, no. 2, hlm. 127. Wati, Liana. 2012. ”Kehidupan Sosial Masyarakat Multi Agama dalam Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama pada Masyarakat di Desa Boro Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar”. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FIS, Universitas Negeri Malang. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/21262. Diakses 14 April 2013. 4.41 WIB.in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5846
dc.description.abstractPenelitian ini secara keseluruhan direncanakan dalam waktu tiga tahun berturut-turut. Tahun pertama dilaksanakan tahun 2013. Kegiatan pada tahun I adalah menggali persepsi dan pemahaman siswa SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Surakarta terhadap toleransi kehidupan beragama dan radikalisme. Di samping itu, pada tahun I juga digali persepsi siswa tersebut mengenai penanaman nilai toleransi kehidupan beragama di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Surakarta, penerapan prinsip-prinsip nilai toleransi dalam kehidupan beragama oleh siswa tersebut. Penelitian pada tahun pertama ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan penerapan nilai toleransi kehidupan beragama di kalangan siswa. Tujuan ini dirinci: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data data yang berupa informasi tentang persepsi siswa siswa tentang toleransi kehidupan Bergama dan radikalisme, penanaman nilai-nilai toleransi, dan penerapan prinsip-prinsip toleransi digali dengan wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, berjumlah 97 siswa. Teknik validasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut. menyatakan: menghargai agama orang lain. Persepsi ini sama dengan yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pemahaman agama, faktor ekonomi, fanatisme, pemaksaan kehendak, dan hancurnya pendidikan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecttoleransiin_ID
dc.subjectradikalismein_ID
dc.subjectpersepsi,in_ID
dc.subjectsiswain_ID
dc.titleModel Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama Melalui Apresiasi Biografi Tokohin_ID
dc.typeTechnical Reportin_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record