dc.identifier.citation | Adamdesigner. 2011. “Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android”. Tersedia dalam :<http:// adamdesigner.wordpress.com/2011/10/23/ bagaimana-cara-membuat-aplikasi-android/> [diakses tanggal 20 September 2013]. Enterprise, Jubilee, 2013, “Belajar sendiri Photoshop cs5”, Yogyakarta : Kompas Gramedika. Huda, Arif Akbarul, 2012, “24 JAM !! Pintar pemprograman Android”, Yogyakarta : ANDI. Kurniawati, Erna, 2013. “Peran kegiatan pramuka dalam membangun jiwa persaudaraan dan kesatuan (studi kasus di Madrasah Aliyah Negri 2 Boyolali)” Jurnal.Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Noviyanti, Tasya, 2013. “Aplikasi buku saku pengenalan pramuka pada ponsel android berbasis HTML 5”Jurnal. Fakultas Teknologi Industri. Informatika. Depok: Universitas Gunadarma. Safaat, Nazruddin, 2013, “Aplikasi berbasis Android”, Bandung : Informatika. Wahana Komputer, 2013, “Step by step menjadi pemprogramer Android”,Yogyakarta : ANDI. | in_ID |
dc.description.abstract | Praja Muda Karana (Pramuka) adalah organisasi kepanduan yang merupakan wadah bagi
pelajar untuk mengembangkan potensi kemandirian dan perkembangan diri. Untuk menjadi
pramuka yang unggul dan berprestasi, maka setiap pelajar dibekali buku saku pramuka. Namun,
seringkali buku saku tersebut jarang digunakan, biasanya hanya diletakkan di dalam tas ataupun
disimpan. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk merancang dan membuat buku saku tersebut
ke dalam bentuk aplikasi buku saku gerakan pramuka bilingual berbasis android. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam perancangan dan
pembangunan sistemnya. Selanjutnya proses didahului dengan pembuatan Use Case Diagram, dan
diimplementasikan menggunakan aplikasi Android Developer Tools (ADT) untuk membuat program
berbasis android mobile. Hasil yang didapat dalam penilaian melalui kuesioner yang telah diujikan
pada siswa SDN Tunggul Sari II, siswa SMP N 2 Kartasura, dan siswa SMK N 4 Sukoharjo didapat
kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu dalam media pembelajaran kegiatan kepramukaan
dengan persentase interpretasi sebesar 96 %. Sedangkan hasil kuesioner yang telah diujikan pada
mahasiswa FKIP UMS serta guru SDN Tunggul Sari II, SMP N 2 Kartasura dan SMK N 4 Sukoharjo
didapatkan hasil 89 % dan 96 % menyatakan aplikasi ini sangat sesuai sebagai pedoman bahan ajar
kepramukaan dan kepelatihan pramuka. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi
Buku Saku Pramuka Bilingual Berbasis Android ini bermanfat untuk kemajuan dan pengembangan
Pramuka Indonesia. | in_ID |