Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile
dc.contributor.author | Hafidha, Primanda Nikko Wahyu | |
dc.contributor.author | Sudarmilah, Endah | |
dc.date.accessioned | 2015-05-12T03:34:49Z | |
dc.date.available | 2015-05-12T03:34:49Z | |
dc.date.issued | 2014-09 | |
dc.identifier.citation | Hendriayana, A., Mulyani,S. & Miswadi, S. S., 2013. Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri (SPM) Materi Sistem Periodik Unsur dan Struktur Atom. Journal of Innovative Science Education. vol. 02, no. 01, pp. 43-48. Pramono, A., 2013. Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Eltek, vol. 1, no. 01, pp. 122-130. Ronald T. Azuma, 1997, A Survey of Augmented Reality, Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385. Santoso, A., Fatmawaty, L. & Kurniati, R., 2012. Aplikasi Periodik Unsur Kimia Berbasis Mobile. PPPM. vol. 01, no. 01, pp. 90-98. Sinaga, K. R. M., 2010. Pengembangan Aplikasi Sistem Periodik Unsur Kimia pada Ponsel Menggunakan J2ME. Skripsi. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi. Teknik Informatika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Siringoringo, H. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Ketahanan Nasional. Depok: Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma. ISSN 2302-3740. Sudarmilah, E., Ferdiana, R., Nugroho, L. E., Susanto, A. & Ramdhani, N., 2013. Tech Review: Game Platform For Upgrading Counting Ability On Preschool Children. Prosiding on The 5th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (lCITEE 2013). Wibisono, E. K., 2011. Implementasi Aplikasi Augmented Reality sebagai Alat Peraga dalam Pelajaran Fisika Materi Tata Surya. Skripsi. Surakarta: Fakultas Teknik. Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Surakarta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2087-085X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5873 | |
dc.description.abstract | Unsur kimia yang terdiri dari banyak unsur sering membuat siswa malas dengan mata pelajaran kimia khususnya dalam hal menghafal sistem periodik unsur kimia. Salah satu cara untuk membantu para siswa ini dapat dilakukan dengan memanfaaatkan perkembangan teknologi yaitu augmented reality berbasis mobile. Sehingga siswa dapat menggunakan gadget sebagai sarana inovasi positif dalam hal edukasi untuk menunjang sistem belajar yang interaktif. Maka peneliti terinspirasi untuk membangun aplikasi augmented reality SPU kimia sebagai media pembelajaran. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity 3D dan Vuforia. Hasil dari perancangan aplikasi ini ialah AR huruf 3D dari unsur kimia golongan A beserta informasi, tabel SPU kimia lengkap, latihan soal dan kuis sebagai sarana evaluasi. Aplikasi ini mendapat hasil penilaian positif dari responden penelitian. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | augmented reality | in_ID |
dc.subject | pembelajaran | in_ID |
dc.subject | sistem periodik unsur | in_ID |
dc.subject | unity 3D | in_ID |
dc.subject | vuforia | in_ID |
dc.title | Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |