dc.identifier.citation | Butteric, Keith. 2011. Introduction Public relations: Theory and Practice. Penerjemah Nurul Hasfi. 2012. Pengantar Public relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Cutlip,Scott M., Center, Allen H. Dan Broom,Glen M. 2006. Effective Public Relations, Ninth Editions, Jakarta : Kencana Prenada Media Group Dewani, Anggari Pasha. 2009. Kebijakan Implementasi dan Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bogor: Tidak Dipublikasikan Hadi, Nor. 2010. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu Ife, Jim. 2008. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi: Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Iriantara, Yosal. 2004. Community development: Konsep dan Aplikasinya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: kencana. Mardiyanto. Tri Cahyo 2013. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Tingkat Efektivitas Kelompok Pos Pembedayaan Keluarga (Posdaya) Se-Eks Karesidenan Surakarta. Surakarta : UNS (tidak dipublikasikan) Muljono, Pudji dkk, 2009, Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Pengentasan Kemisikinan Melalui Model Posdaya Melalui Model POSDAYA, Prosiding Seminar IPB, Bogor : IPB (tidak dipublikasikan) Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Pressindo. Setyaningrum, Dyah Ayu, 2011, Pengaruh Implementasi corporate social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat (Studi Kasus pada PT. Apac Inti Corpora, Bawen), Semarang : UNDIP (tidak dipublikasikan) Tustiana, Dery Nurlida. 2012. Strategi Komunikasi Pencitraan Perusahaan: Studi Komunikasi Penerapan Program Public Affairs Surakarta: Tidak Dipublikasikan | in_ID |
dc.description.abstract | Pendekatan terbaru yang berkembang dalam mengkaji kehidupan perusahaan adalah bahwa
perusahaan pada saat ini tidak hanya berorientasi pada pencarian keuntungan (profit) semata, akan
tetapi mulai berpikir bagaimana perusahaan berkontribusi terhadap keseimbangan alam (planet) dan
kesejahteraan masyarakat (people). PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant adalah perusahaan yang
bergerak dalam produksi semen yang mempunyai kecenderungan memberikan polusi udara dan
suara yang dapat merugikan masyarakat sekitar perusahaan. Dengan metode kualitatif penelitian
ini bermaksud untuk mencari bagaimanakah implementasi strategi pengelolaan CSR dengan
program Posdaya yang telah dilakukan oleh PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dalam rangka
memberdayakan masyarakat yang berada disekitar perusahaan tersebut. Metode pengumpulan
data berupa FGD dan dokumentasi yang selanjutnya akan diolah dengan analisis interaktif Miles
dan Huberman. Sedangkan untuk validitas penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi
sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Holcim berkonsentrasi pada pemberdayaan
masyarakat berbasis 4 pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Untuk tahapan
dalam pelaksanaan Posdaya dilakukan dengan 2 tahapan, yakni analisa kebutuhan dan dilanjutkan
sosialisasi kepada masyarakat yang akan menjadi subjek pelaksana Posdaya. Dalam melaksanakan
kegiatan Posdaya tersebut dijalankan dengan kegiatan CSR, serta menjalin hubungan dengan
komunitas, pemerintah dan LSM, berpusat pada community relation department. PT Holcim. | in_ID |